Sekdaprov Riau Enggan Jawab Perilaku Tak Terpuji Irban 1 Inspektorat Daerah Riau

Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com-Adanya perilaku yang tak terpuji dari Irban 1 Inspektorat daerah Riau yang melakukan bimtek tanpa sepengetahuan OPD yang bersangkutan dan disinyalir mengutip pungutan ilegal yang tak pantas dilakukan oleh auditor pengawas, menjadi perhatian dan sorotan. 


Untuk memberikan kejelasan hal itu, awak media menanyakan kepada Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto melalui pesan Whatsapp dan layanan pesan singkat, yaitu Adanya kegiatan Bimtek Tata Kelola Pelaporan dana BOS dan Bosda oleh Dino Predi selaku Irban 1  dan tidak dapat menunjukkan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) nya.


Begitu juga saat Kepala Inspektorat Riau, Sigit Juli Indrawan sebagai Inspektur Daerah Provinsi Riau saat dikonfirmasi,juga tidak dapat menunjukkan DPA nya, selanjutnya  Dino Predi selaku Inspektur Pembantu (Irban)1 yang  diduga melakukan perilaku pungutan ilegal dengan alasan untuk memfasilitasi kunjungan tim Inspektorat Jenderal dari  Jakarta  dalam rangka pengawasan bersama dana BOS di Provinsi Riau pada 29 November- 06 Desember 2022 , Diamengatakan hanya sebagai bawahan, dan itu atas sepengetahuan atasannya.


Saat berita ini ditayangkan SF Hariyanto, Sekdaprov Riau belum memberikan tanggapan. 


Dalam penelusuran awak media, narasumber yang menolak disebutkan namanya, memberi informasi bahwa pihak sekretariat daerah Riau pernah memanggil Dino Predi terkait dugaan pungutan ilegal dana BOS di salah satu sekolah di Riau. 


Atas dugaan perilaku ilegal Dino Predi, pihak LBH LMP Riau telah melayangkan somasi kepada Gubernur Riau, Kepala Inspektorat Daerah Riau dan Dino Predi. Somasi itu diterima oleh Dino Predi secara langsung diberikan oleh pihak LBH LMP Riau di salah satu kedai kopi di jalan Gajah Mada, Pekanbaru.(ds/dian nasution)

Share:
Komentar

Berita Terkini