Diduga Melakukan Kecurangan dan Pelanggaran, KPU Asahan Dilaporkan Ke DKPP

Editor: dailysatu author photo
Ketua KPU Asahan, Hidayat,SP (Batik) dan Muhammad Citra Utama (kemeja biru) yang melaporkan KPU Asahan ke DKPP


dailysatu.com-Dituding banyak melakukan kecurangan dan pelanggaran dalam rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan dilaporkan calon peserta PPK ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Pusat. 


Adapun pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Asahan yakni, meluluskan seorang kader partai menjadi PPK, meluluskan calon PPK yang istrinya merupakan staf Bawaslu Kecamatan, meluluskan PPK yang suaminya Kader Partai dan meluluskan PPK yang merupakan team sukses (TS). 


Selain itu, KPU Asahan juga melakukan pelanggaran dengan meluluskan seorang Kepala Dusun (Kadus) Desa Sei Tempurung bernama Ilham Margolang sebagai PPK. Dimana pelanggaran itu tertuang dalam UU No 6 thn 2014 tentang Desa Lasal 51 huruf Itu berkaitan dengan UU NO 7 thn 2017 pasal 455 ayat 1 huruf c.


Kelima komisioner itu dilaporkan oleh calon anggota PPK dari Kecamatan Kisaran Timur, Muhammad Citra Utama (30) warga Lat Sitarda Kec Kisaran Timur Kab Asahan yang langsung diterima oleh staf DKPP. 


"Alhamdulillah, laporan saya diterima langsung oleh staf DKPP Pak Leon Filman pada tanggal 29 Desember 2022 lalu di Jakarta. Dalam laporan itu saya lampirkan semua bukti kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Asahan dalam bentuk FDF. Terlapor utama Ketua KPU Asahan Hidayat SP dan semua anggota, "ujar Muhammad Citra Utama pada awak media,  Minggu (15/1) di Kisaran. 


Selain saya, kata Muhammad Citra Utama, ada dua calon PPK yang ikut melaporkan kelima anggota KPU Asahan, keduanya yakni Muhammad Nur Hidayat dan Muhammad Qori Efendi. Keduanya melaporkan lain lain kasus pelanggaran dan kecurangan lainnya. 


" Dalam laporan ke DKPP selain saya, ada dua orang lagi yang melaporkan kelima komisioner itu. Laporan yang kami masukan juga berbeda beda kasus kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Asahan, "tegas Muhammad Citra Utama. 


Dengan adanya laporan kecurangan dan pelanggaran kode etik kelima anggota komisioner itu. Kami harap DKPP segera memproses laporan kami dengan memeriksa kelimanya. 


" Kecurangan dan pelanggaran yang mereka lakukan sangat fatal. Saya harap DKPP memberikan sanksi yang berat kepada kelimanya. Kalau bisa kelimanya dicopot dari jabatannya, "harap Citra. 


Terpisah, Ketua KPU Asahan, Hidayat SP ketika dikonfirmasi Minggu (15/1) sekira pukul 15:16 Wib melalui saluran WhatsApp, mengaku tidak mengetahui adanya laporan terhadap KPU Asahan. 


"Kurang tau aku. Gak dapat informasi. Karena belum ada surat panggilan masuk ke kami, "kata Hidayat. ( hendri)

Share:
Komentar

Berita Terkini