Kabarnya Besok 200 Ekor Babi Asal Luar Pulau Masuk ke Nias

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) serius mengantisipasi penularan dan penyebaran virus African Swine Fever (ASF) pada ternak babi.

Demikian disampaikan Ketua Komisi ll DPRD Kota Gunungsitoli, Yan Raradodo Gea, di ruang kerjanya Jalan Gomo, Kelurahan Pasar Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli, Jumat (2/12/2022).

Kepada wartawan, Yan menyebut bahwa belakangan pengiriman hewan babi tanpa kelengkapan dokumen dari luar daerah ke Kota Gunungsitoli semakin marak. Hal tersebut karena lemahnya pengawasan pihak terkait.

"DPRD mendesak Pemda lebih maksimal mengawasi keluar masuknya hewan babi ke Kota Gunungsitoli. Karena salah satu pembawa virus ASF adalah hewan babi yang berasal dari luar daerah", kata Yan.

Menurut Yan, meski sempat diatasi namun belakangan virus ASF kembali menjangkit di Kota Gunungsitoli. Wajar kemudian membuat sebagian besar masyarakat yang berternak babi mulai resah.

"Saat ini, virus ASF kembali menyerang ternak babi milik masyarakat di Kecamatan Gunungsitoli Utara. Ada yang mati, dan masih dalam kondisi sakit. Pemerintah harus segera mengambil sikap, jangan banyak diam", tegasnya.

Yan menambahkan, berdasarkan informasi diterimanya Sabtu (2/12/2022) besok pagi sebanyak 200 ekor hewan babi tanpa dokumen dari luar daerah tiba di Kota Gunungsitoli melalui tranportasi laut.

"Kabarnya di bawa ke Kecamatan Gunungsitoli Utara dengan menggunakan kendaraan roda empat dan enam. Saya menduga, ada oknum berkepentingan di balik pengiriman ratusan hewan babi", ungkap Yan.

Selain itu, Yan menyampaikan jika pengiriman daging mentah hewan babi tanpa kelengkapan dokumen juga masih terjadi. Diterangkannya, untuk mengelabui petugas pelabuhan pelaku memuat daging mentah hewan babi ke dalam fiber ikan.

"Ada oknum membekingi aktivitas pengiriman daging mentah hewan babi tanpa dokumen ke Kota Gunungsitoli. Polisi harus bergerak, ini tidak boleh dibiarkan", tandas Yan. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini