3 Pilkades Serentak di Rohul Resmi Ditunda, Termasuk Desa Sialang Jaya

Editor: dailysatu author photo

 


dailysatu.com- Kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di tiga desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) resmi  ditunda.


Penundaan pada Pilkades serentak di tiga desa yakni Desa Kasang Mungkal Kec. Bonai Darussalam, Desa Kepenuhan Hilir Kec. Kepenuhan, dan Desa Sialang Jaya Kec. Rambah ditandai dengan terbitnya Keputusan Bupati Rokan Hulu No : Kpts.141.1/DPMPD-PEMDES/978/2022 Tentang Penetapan Penundaan Bagi Desa yang Melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Bupati Rohul, Sukiman  pada 29 November 2022.


Dalam Keputusan Bupati itu adapun alasan penundaan bahwa Desa Kasang Mungkal Kecamatan Bonai Darussalam hingga pelaksanaan Tahapan Penetapam Bakal Calon menjadi calon Kepala Desa yang ditetapkan hanya terdapat 1 Bakal Calon Kepala Desa yang ditetapkan dan memenuhi persyaratan.Maka sesusai dengan kententuan dalam pasal 24 ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri No 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, menyebutkan dalam hal bakal calonyang memenuhi persyarakat tetap kurang dari 2 setelah perpanjangan waktu pendaftaran.Bupati menunda pelaksanan pemilihan kepala desa sampai waktu yang ditetapkan kemudian.


Masih dalam Surat Keputusan Bupati itu, alasan penundaan Pilkades di Desa Kepenuhan Hilir,Kecamatan Kepenuhan karena Panita Pemilihan Kepala Desa hingga ditetapkannya keputusan belum menetapkan Bakal Calon Kepala Desa sesuai jadwal yang ditetapkan sehingga perlu ditunda.


Sementara, itu penundaan Pilkades di Desa Sialang Jaya, karena adanya laporan keberatandan dugaan ketidaknetralan Panitia Pemilihan Kepala Desa Sialang Jaya dalam pelaksanaan Penetapan Bakal Calon Kepala Desa menjadi Calon Kepala Desa yang dibuktikan dengan adanya surat Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kecamatan Rambah Nomor : 141/Panwascam-Rbh/03 tanggal 24 Novber perihal penyampaian hasil tindaklanjut terkait Pilkades serentak Desa Sialang Jaya tahun 2022, dan Notulen Rapat Panitia Pengawas Pilkades tingkat Kecamatan Rambah tanggal 24 November 2022, maka untuk menghindari gangguan keamanan dan ketertiban serta kondusifitas di Desa, sehingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa perlu ditunda.


Diketahui, ada 69 Desa di 15 Kecamatan di Rokan Hulu yang bakal menghelat Pilkades serentak pada 8 Desember 2022 mendatang.


Dengan ditundanya Pilkades di 3 Desa berarti menyisakan 66 Desa yang bakal melaksanakan Pilkades.(ds/ali)







Share:
Komentar

Berita Terkini