Warga Binaan Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Kini Mahir Membuat Pakan Ikan

Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com- Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasir Pengaraian kini mahir membuat pakan ikan (pelet ikan).


Sebelumnya,  guna meningkatkan produktivitas dan kreativitas WBP di Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian juga mendapatkan beragam program pembinaan selain budidaya Lobster, Pemijahan bibit lele serta pembudidayaan ikan,juga keterampilan membuat kerajinan keris pasak bumi.


Kepala Lapas Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu didampingi Ka.KPLP Parlin Hs dan Kasubsi Bimbingan Kerja Andi Sahairi meninjau proses pembuatan yang 100 persen dikerjakan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Pasir Pengaraian Selasa (27/9/2022).


"Ini salah satu program pembinaan di Lapas kita, memberikan pembinaan yang kelak bisa dijadikan pekerjaan/penghasilan bagi mereka Warga Binaan kita ketika sudah bebas nanti, "jelas Bahtiar.


Lebih lanjut Bahtiar menjelaskan adapun bahan dari pembuatan pelet ikan adalah dedak padi,ampas tahu,ampas kelapa,tepung jagung,tepung kanji,tepung ikan,ragi, molase dan vitamin booster kemudian diolah menggunakan mesin.


"Kita juga berhasil pemijahan ikan lele dan hasil nya kita berikan kepada perwakilan  keluarga Warga Binaan yang terdampak empiris akibat pidana  dan langsung diserahkan oleh Bapak Kakanwil Kemenkumham Riau pada 7 September lalu. Diharapkan pembinaan  ini mulai dari bibit dan pakan ikan dapat dikembangkan oleh WBP sendiri,"ujar Ka.KPLP Parlin HS menambahkan selaku pengawas Budidaya Lobster dan Ikan serta pembuatan Pakan (pelet) ikan.


Pembinaan ini, rutin dilaksanakan oleh Warga Binaan Lapas Pasir Pengaraian untuk menggali dan meningkatkan bakat dan minat WBP menjadi terampil dan mandiri .(ds/ali)

Share:
Komentar

Berita Terkini