Lapor Pak Wali! Galian C di Kelurahan Pasar Gunungsitoli Resahkan Pengguna Jalan

Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com - Aktivitas Galian C atau penggalian bukit/kaki gunung di Jalan Ciptomangunkusumo, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, meresahkan.


Betapa tidak, aktivitas penggalian dengan menggunakan alat berat (Excavator) itu dikhawatirkan membahayakan masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang melintas.


Kepada wartawan, salah seorang pengguna jalan mengatakan bahwa aktivitas penggalian yang diduga tidak mengantongi izin tersebut sudah lama beroperasi. Bahkan, disinyalir ada pembiaran dari pihak terkait.


"Setahun lalu pernah terjadi bencana longsor yang membawa material batu besar dari atas bukit. Pasca kejadian, aktivitas penggalian sempat berhenti namun tidak lama kembali berlanjut", katanya.


Diapun mengkhawatirkan, bencana longsor serupa terjadi kembali jika aktivitas penggalian terus dibiarkan beroperasi tanpa adanya pengawasan terlebih di musim penghujan.


"Saya berharap, Walikota Gunungsitoli bersama Polres Nias memberikan perhatian serius terhadap aktivitas penggalian diduga ilegal tersebut. Karena hal ini menyangkut khalayak orang banyak", tandasnya.


Sementara Kasatpol-PP Gunungsitoli, Eka Kurniawan Harefa ST, M.Si menyampaikan bahwa pihaknya segera melakukan koordinasi terhadap pihak terkait menyangkut aktivitas penggalian bukit/kaki gunung tersebut.


"Informasi ini secepatnya kami tindaklanjuti. Besok kami turun untuk melakukan pemeriksaan izin mereka. Jika tidak ada, kami akan stop aktivitas penggalian", janji Eka. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini