Kejari Taput Bersama PT Pegadaian Kanwil I Medan Tandatangani MoU untuk Pendampingan Hukum

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapanuli Utara menyatakan siap bersinergi dengan mitra BUMN PT Pegadaian jika bersinggungan dengan hukum. Selain pendampingan, Kejari Taput juga siap mengamankan aset milik Pegadaian yang dikuasai oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.


"Kejaksaan siap mendampingi Pegadaian jika mengalami persoalan hukum apabila terdapat aset yang dikuasai pihak lain atau kewajiban nasabah yang menunggak," kata Kepala Kejari Taput, Much. Suroyo, SH, saat Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, di Aula Kejari Taput, Kamis 22 September 2022.


Much Suroyo mengatakan, sebagai pengacara negara, kejaksaan siap berkolaborasi dengan Pegadaian yang merupakan korporasi BUMN yang bergerak di jasa lembaga keuangan non bank.


"Jika ada aset bergerak dan tak bergerak milik Pegadaian yang dikuasai oleh pihak lain tanpa prosedur hukum, kejaksaan bisa menjadi pengacara negara bagi Pegadaian untuk mengamankan aset-aset tersebut di wilayah Taput," tegas Much. Suroyo.


Sementara Deputi Bisnis Area Rantau Prapat PT Pegadaian Kanwil I Medan, Dede Kurniawan mengatakan, kunjungan manajemen Pegadaian ke Kejari Taput, selain bersilaturahmi juga ingin melakukan penandatanganan MoU terkait pengamanan aset dan pendampingan hukum, khususnya di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.


"Pegadaian sebagai salah satu BUMN yang diamanahkan pemerintah dalam penyaluran kredit fidusia, perlu mendapat pendampingan dan pembelajaran hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dari kejaksaan guna mengantisipasi dari unprosedural proses hukum di lapangan," ungkap Dede Kurniawan.


Dede sangat berterima kasih kepada Kejari Taput beserta jajaran atas dukungan dan bantuan kepada Pegadaian yang telah berkenan menjadi Pengacara Negara.


Kepala Departemen Manajemen Risiko PT Pegadaian Kanwil I Medan, Andy Novriza menambahkan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan pondasi bagi karyawan Pegadaian dalam melaksanakan tugas, khususnya pada penyaluran kredit berbasis fidusia. 


"Terimakasih kepada pihak Kejari Taput yang telah mendukung Pegadaian sehingga pelaksanaan MoU berjalan dengan lancar dan sukses," imbuh Pimpinan Cabang Pegadaian Tarutung, Romauli Ompusunggu. 


Turut hadir Legal Officer PT Pegadaian Kanwil I Medan, Hisbah Rahmatan Putra, Kabag Humas & Protokoler Kanwil I Medan, Gopher Manurung, serta jajaran pejabat Kejari Taput. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini