Perlombaan Pacu Sampan 'Warnai' Peringatan HUT RI ke-77 di Desa Pasir Keranji, Pasir Penyu Inhu

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Berbagai perlombaan digelar masyarakat dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-77.


Salah satunya yakni perlombaan Pacu Sampan. Perlombaan pacu sampan itu dimulai pada 6 hingga 9 Agustus 2022 mendatang.



Pembukaan perlombaan Pacu Sampan itu langsung dibuka oleh Camat Pasir Penyu, Aldiar Susenra S.STP, M.si pada  Sabtu 6 Agustus  2022 di Dusun 1, RT03/RT02, Jalan Aren  Desa Pasir Keranji Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.


Tampak hadir dalam pembukaan lomba pacu sampan tersebut yaitu Anggota DPRD Inhu, Adilla Anshori, Mewakili Kapolsek Pasir Penyu yakni Kanit Intel Iptu Rizal islami Rahmat, Kepala Desa (Kades) se - Kecamatan Pasir Penyu, Tokoh masyarakat Pasir Keranji, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Pasir Keranji dan sejumlah undangan lainnya.

Camat Pasir Penyu Aldiar Susenra menyebut kegiatan pacu sampan tradisional tersebut digelar sebagai momentum menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Selain itu, kata Aldiar, diharapkan melalui perlombaan pacu sampan tradisional dapat mengasah kemampuan para atlet sekaligus menjadi wadah kekeluargaan bagi masyarakat di Kabupaten Inhu khususnya di Desa Pasir Keranji,  dan Kecamatan Pasir Penyu.


"Diharapkan juga melalui kegiatan pacu sampan ini guna menarik minat anak muda untuk mencintai olahraga dayung,"harapnya.


Dalam kesempatan itu, Aldiar juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung hingga kegiatan pacu sampan dapat berjalan dengan baik dan lancar.


Masih dalam kesempatan yang sama, Kades Pasir Keranji, Isrial juga menyampaikan ucapan terimakasih atas peran serta masyarakat di Desa Pasir Keranji yang telah mendukung dan menyukseskan pergelaran pacu sampan tradisional dalam memeriahkan HUT RI ke-77.


"Saya, dan masyarakat Desa Pasir Keranji berharap even ini akan lebih meriah lagi, sehingga dapat meningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Desa Pasir Keranji, Kecamatan Pasir Penyu, Inhu,"tutupnya.


Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Perlombaan Pacu Sampan, Arif Andika dalam laporannya menyebutkan perlombaan pacu sampan muatan 6 orang itu akan berlangsung mulai 6 Agustus sampai 9 Agustus 2022.


Perlombaan pacu sampan itu diikuti 68 sampan yang berasal dari seluruh Desa yang ada di Kabupaten Inhu.


Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), pembukaan perlombaan ditandai pelepasan sampan 'Mantan Idola' dari Desa Batu Gajah Pasir Penyu berpacu dengan Sampan dari Desa Petalongan Intan Permata Anang Rias.


Dalam pertandingan pertama itu, Sampan dari Desa Petalongan Intan Permata Anang Rias berhasil memenangkan pacu sampan dari Sampan 'Mantan Idola' Desa Batu Gajah Pasir Penyu.(ds/ari/rel)







Share:
Komentar

Berita Terkini