Pemkab Madina Sediakan Makanan Pencegah Stunting di Madina Expo

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution bersama rombongan singgah di stan binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Madina saat pembukaan Pameran Ekonomi Kreatif di pelataran parkir Masjid Agung Nur Ala Nur, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Madina, Sumatera Utara, Jumat (12/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Sukhairi mencicipi jajanan berbahan dasar ikan. "Ternyata, jajanan berbahan dasar ikan ini kalau diolah sedemikian rupa, apalagi dicampur dengan kuahnya, rasanya top luar biasa,” kata Sukhairi.

Menurut Sukhairi, jajanan berbahan dasar ikan tersebut dapat diolah menjadi beragam jenis makanan seperti risol, bakpau, dan lainnya. Makanan ini bisa dijadikan sarapan pagi dan makanan ringan di acara-acara pemerintahan.

"Buatan kelompok masyarakat binaan Dinas Kelautan dan Perikanan ini mampu menciptakan produk dari olahan bahan dasar ikan. Untuk itu, kita akan dukung, sehingga nantinya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Parikanan Madina Bahrein Lubis mengatakan, Kabupaten Madina berpotensi mengembangkan berbagai produk makanan berbahan dasar ikan.

Itu sebabnya, kata Bahren, pihaknya menghadirkan kelompok masyarakat binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Madina untuk mengolahnya menjadi berbagai jenis jajanan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus membuka lapangan kerja.

"Stan kami hadir di Expo Ekonomi Kreatif tahun 2022. Kami menonjolkan jenis usaha produk keluarga yang berbahan dasar ikan,” ujarnya.

Dia berharap dukungan semua pihak agar hasil laut Madina yang dapat dimanfaatkan guna menyejahterakan masyarakat.

Jajanan berbahan dasar ikan yang diolah kelompok binaan Dinas Perikanan dan Kelautan itu kaya protein dan dapat meningkatkan imunitas tubuh, terutama bagi anak-anak.

“Melalui jajanan ini, kita bisa mengatasi stanting bagi anak-anak. Angka stanting di Kabupaten Mandailing Natal cukup tinggi. Untuk itu, kami siap membantu melalui jajanan berbahan dasar ikan dan tidak menggunakan bahan pengawet,” pungkasnya. (Rel/Reza)

Share:
Komentar

Berita Terkini