Meriahkan HUT ke-77 RI, Warga Kecamatan Pasir Penyu Gelar Pawai Karnaval

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau menggelar kegiatan pawai karnaval.


Pawai karnaval tersebut di lepas langsung oleh Camat Pasir Penyu,  Aldiar Susena, S.STP, M.Si bersama unsur Muspika, Selasa 16 Agustus 2022.


Amatan dailysatu.com, peserta mulai berkumpul dan mengambil start dari depan SMPN 1 Pasir Penyu pada pukul 08.00 WIB dan Finish di Lapangan Garuda Kecamatan Pasir Penyu.


Kegiatan tersebut di ikuti seribuan peserta mulai dari masyarakat umum, instansi pemerintah, anak-anak TK, SD, SMP, MTs, SMA dan MA yang ada dilingkup Kecamatan Pasir Penyu.











Pawai Karnaval HUT RI dihiasi dengan atraksi beragam kostum yang unik mulai dari pakaian adat, seragam ala polisi,TNI, dokter, tokoh agama, petani, nelayan dan sebagainya.


Terlihat warga juga antusias menyaksikan pawai dari sisi kiri dan kanan jalan yang dilalui peserta. Acara tersebut juga mendapat pengawalan dari pihak TNI-Polri.


Camat  Pasir Penyu, Aldiar Susena mengatakan bahwa tujuan pawai tersebut untuk memeriahkan HUT ke-77 RI dan menumbuh kembangkan semangat terhadap para pejuang kemerdekaan.


Selain itu, katanya, juga untuk mendorong tingkat partisipasi masyarakat dalam membangun persatuan dan kebersamaan dengan semangat kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pejuang bangsa.


"Oleh karena itu dalam momentum menyambut hari HUT RI ini, kita mengajak masyarakat untuk bangkit dan pulih bersama dalam menghadapi tantangan lebih kuat, sesuai tema HUT RI 2022 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," ucapnya.


Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan pawai karnaval tersebut.


"Terimakasih kepada seluruh masyarakat dan juga peserta maupun panitia serta semua pihak atas partisipasi sehingga berlangsungnya kegiatan ini dengan lancar," tandasnya.


Ditempat yang sama, Ketua Panitia Pawai Karnaval Arif Tri Wadoyo mengatakan HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 diadakan di Kecamatan Pasir Penyu dengan menggelar pawai karnav setelah dua tahun sebelumnya vakum akibat pandemi covid-19.


"Untuk tahun 2022 ini, kita melaksanakannya dengan semangat yang kuat untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dengan menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ini," ungkapnya.


Dia menjelaskan karnaval tersebut sebagai tanda untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan. 


Bahkan, para pejuang mengorbankan diri sehingga saat ini generasi penerus dapat menikmati kemerdekaan yang merupakan hasil kerja keras para pejuang.   


“Semangat kita jangan sampai kalah dengan para pejuang. Untuk itu, mari menjaga persatuan ini dan menanamkan cinta Tanah Air," katanya.


Masih katanya, pemenang pawai karnaval akan diumumkan pada Jumat 19 Agustus 2022 malam di Gedung Buana Sakti.


Warga pun tak kalah antusias, sampai-sampai ada warga yang nekad menerobos ke barisan parade untuk mengabadikan momen karnaval ini. 


Salah seorang warga yang hadir dalam karnaval itu, Ayomi menyebut merasa bahagia dengan kembali hadirnya berbagai kemeriahan dalam menyemarakkan HUT RI yang sempat vacum akibat pandemi.


"Senang lah, semoga covid-19 bisa cepat berlalu,"harapnya. (ds/ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini