Warga Kisaran Resah,Air PDAM Tirta Silau Piasa Kotor Berlumpur

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com-Sejumlah Masyarakat Kota Kisaran mulai resah dengan pelayanan air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silau Piasa. Pasalnya,sejak seminggu ini air bersih milik Badan Umum Milik Daerah (BUMD) Pemkab Asahan, mengeluarkan air berlumpur dan bededak.


Mirisnya,air kotor yang masuk kerumah warga yang tidak bisa digunakan itu, hidupnya hanya siang saja. Sedangkan dipagi hari tidak hidup.


"Air PDAM Tirta Silau Piasa sudah seminggu ini masuk kerumah kami sangat kotor berlumpur Bang. Bahkan air masuk ke saluran pipa air kami hidupnya hanya siang. Pagi harinya mati," ujar Yudi (35) salah seorang pelanggan PDAM Kisaran pada wartawan, Senin (25/7).


Selain itu,warga yang tinggal di Jalan Sutan Ali Syahban Kel Mutiara Kec Kisaran Timur Kab Asahan ini juga mengaku akibat air dirumah hidup pada siang hari,dirinya jarang mandi dipagi hari.


"Gara gara air kotor bercampur lumpur dan hidupnya hanya siang saja. Aku jadi jarang mandi Bang. Dah gak beres kinerja PDAM Tirta Silau Piasa Ini. Air yang masuk kedalam rumah kotor penuh lumpur," tegas Yudi dengan nada marah.


Terpisah,Irvan (37) salah seorang pelanggan air PDAM yang tinggal di Umbut Umbut Kisaran,juga mengakui kalau pelayanan PDAM Tirta Silau Piasa sangat buruk. Sebab,air yang masuk kerumah mereka sangat keruh dan berlumpur.


"Dah tidak beres lagi memang kinerja PDAM Tirta Silau Piasa ini. Mereka jual air atau jual lumpur. Kalau konsumen telat  dan nunggak membayar uang air. Mereka langsung main putus. Tapi pelayanan air bersih tidak mereka berikan pada masyarakat," tegas Irvan pada wartawan Senin (25/7).


Sebagai pelanggan,kita harusnya mendapatkan air bersih dari PDAM. Tapi kenapa PDAM mengirimkan air yang tak layak pakai itu ke sambungan pelanggannya. Selain itu beberapa hari terakhir air juga sering mengalami kemacetan.


"Kita setiap bulan rutin bayar air. Kalau yang keluar air kotor begini, meteran juga jalan, tetap dibayar. Yang rugi kita masyarakat sebagai pelanggan," geram  Irvan 


Terpisah, Direktur PDAM Tirta Silau Piasa Asahan, Rusfin Arif dikonfirmasi wartawan,Senin (25/7 melalui saluran aplikasi WhatsAppnya,

memberikan klarifikasi perihal air kotor yang terlanjur masuk ke sambungan pipa hingga mengalir ke rumah warga itu.


"Ini disebabkan terjadinya diujung pipa PDAM sehingga kotoran lumpur tersorong sampai ke rumah pelanggan," ujarnya.


Harusnya tambah Rusfin kiriman air kotor ini tak harus sampai ke rumah warga jika petugas membuka saluran pembuangan kotoran yang ada di pipa.


"Seharusnya PDAM Inten membuka WO (wash out) pembuangan sehingga kotoran yang ada di pipa ini tidak sampai ke rumah pelanggan, kami mohon maaf atas ketidak nyamanan ini," ungkapnya.(Hendri)


Foto: Terlihat air lumpur keluar dari keran mengalir ke bak mandi rumah warga. Air tersebut disebut berasal dari saluran sambungan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silau Piasa Kisaran.(ds/hen)

Share:
Komentar

Berita Terkini