TMMD Reg 114 Kodim 1701/Jayapura 2022 Dipusatkan di Kampung Suskun Perbatasan RI-PNG

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-114 Tahun Anggaran 2022 Kodim 1701/Jayapura secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kab. Keerom Drs. Wahfir Kosasih, SH., MH., M.Si., pada Selasa (26/7).

TMMD Reguler Ke-114 ini dilaksanakan di Kampung Suskun Distrik Arso Timur Kab. Keerom yang berada persis ditapal batas negara RI-PNG selama 30 hari, mulai dari tanggal 26 Juli hingga 26 Agustus 2022.

Pembukaan TMMD ditandai dengan penyerahan secara simbolis alat kerja kepada anggota oleh Wakil Bupati.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan mengatakan, dipilihnya Kampung Suskun sebagai pusat pelaksanaan TMMD sesuai dengan strategi Pembangunan Daerah pada masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Keerom saat ini.

“Selain karena kampung ini berada persis ditapal batas negara RI-PNG, di kampung ini juga telah dibangun Laboratorium dan tempat pelatihan penanaman jagung sehingga nantinya daerah ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kab. Keerom,” ujarnya.    

Program pelaksanaan TMMD di Kampung Suskun bukanlah semata-mata sarana fisik tetapi TMMD juga membangun SDM menumbuhkan kembali watak dan kepribadian bangsa dengan menanamkan wawasan kebangsaan, kesadaran bernegara maupun norma-norma agama secara benar dan keterampilan kepada masyarakat hingga mampu mengelola potensi yang ada dan memiliki kesiapan dalam menghadapi setiap tantangan dan ancaman yang dihadapi.

“Begitu besarnya tujuan dan manfaat kegiatan ini maka saya atas nama Pemerintah Daerah Kab. Keerom menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada TNI dalam hal ini Kodim 1701/Jayapura dan pihak-pihak terkait atas upaya dan koordinasi serta kerjasamanya sehingga TMMD Reguler ke-114 ini dapat terlaksana di Kampung Suskun,” kata Wakil Bupati.

Sementara itu, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring saat dihubungi menyampaikan bahwa TNI selalu siap membantu masyarakat dan mendukung program Pembangunan Pemerintah agar terwujud masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

“Program ini adalah murni sebagai upaya bersama untuk mengejar ketertinggalan pembangunan sekaligus juga untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat khususnya di daerah perbatasan RI-PNG ini. Untuk itu, saya berharap kepada seluruh masyarakat di Kampung Suskun dapat mendukung penuh kegiatan ini,” tuturnya.

“Saya titipkan anak-anak saya untuk membangun kampung ini, tolong jaga mereka layaknya seorang saudara,” pungkas Danrem.

Adapun sasaran TMMD kali ini yaitu sasaran fisik dengan membangun 1 unit rumah Pastori tipe 36 Permanen, pembangunan 1 unit Balai Adat serta Perehaban dan pengembangan Gereja Katolik tipe permanen. Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan kesadaran hukum, pengobatan massal dan KB kesehatan, penyuluhan pertanian dan peternakan, Wasbang, penyuluhan Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM.(rel)

Share:
Komentar

Berita Terkini