Tingkatkan SDM, Kopenaker Humbahas Gelar Pelatihan Bagi Pelaku Koperasi

Editor: dailysatu author photo

Teks foto: Plt Kepala Dinas Kopenaker Humbahas, Christison Marbun (Pakai masker hitam) bersama narasumber dari Dinas Koperasi Perdagangan Sumut.
dailysatu.com - Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Kopenaker) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar pelatihan penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam bagi pengurus dan pelaku koperasi se- Kabupaten Humbahas. 

Pelatihan yang diikuti beragam peserta dari 10 kecamatan itu sudah berlangsung beberapa hari dan menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi Perdagangan Sumut. 

Pelatihan itu sudah termasuk dari berbagai jenis kegiatan, mulai dari menjahit, pengelolaan makanan hingga minuman termasuk kopi. 

Plt Kadis Kopenaker Humbahas, Christison Marbun menerangkan, kehadiran koperasi adalah salah satu alat untuk membangun kebangkitan ekonomi dan hal itu butuh dukungan SDM yang berkualitas.

"Mengingat koperasi salah satu alat untuk membangun kebangkitan ekonomi masyarakat, tentunya dalam menjalan koperasi yang sehat harus ditopang SDM yang berkualitas," terangnya kepada media di Kantornya, Rabu (6/7/2022). 

Christison menambahkan, bahwa pelatihan itu salah satu bukti keseriusan Pemkab Humbahas untuk membangun ekonomi masyarakat melalui koperasi.

"Dari data Koperasi di Humbahas sebanyak 168, dimana koperasi yang aktif 112. Semua itu akan kita lakukan pendampingan berupa pelatihan. Dimana kita juga akan berupaya melakukan koordinasi dengan Kementerian Koperasi untuk memberikan bantuan dana pinjaman dan lainnya," ungkapnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan itu mengharapkan, ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat diimplementasikan di koperasi masing masing. 

"dengan ilmu yang didapat selama pelatihan hendaknya diimplementasikan guna mewujudkan koperasi di Humbahas yang sehat sesuai dengan aturan peraturan yang berlaku." harapnya. (carlos)

Share:
Komentar

Berita Terkini