Pemkab Humbahas Gelar Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022

Editor: dailysatu author photo

Teks foto: Sekretaris Daerah Humbahas, Tonny Sihombing saat membacakan kata sambutan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor saat pembukaan Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022.
dailysatu.com - Guna mempromosikan Pariwisata dan Budaya di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Humbahas menggelar Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Senin (11/7/2022). 

Festival Raja Sisingamangaraja itu dibuka oleh Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Tonny Sihombing. 

Dalam sambutan tertulis Bupati Dosmar Banjarnahor yang dibacakan Sekda Tonny Sihombing menyampaikan, bahwa kawasan Danau Toba memiliki berbagai potensi wisata dan budaya yang layak untuk dipromosikan ke seluruh dunia.

"Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai bagian dari kawasan Danau Toba memiliki potensi wisata budaya khas, khususnya peninggalan Raja Sisingamangaraja seperti Istana Raja Sisingamangaraja, Tombak Sulu-Sulu, Aek Sipangolu, Hariara Tunghot, Markas Pertahanan Raja Sisingamangaraja XII dan sebagainya," ucapnya.

Disamping itu, Promosi potensi pariwisata dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan pelaksanaan even seperti Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 yang akan diisi dengan Pagelaran Seni Budaya, Festival Budaya dan Olahraga.

"Di Kabupaten Humbahas ada potensi wisata alam seperti Geosite Sipincur, Lembah Bakara, Sileme-leme, Seribu Goa, Perkebunan/ Petanian Kopi, Padi, Kemeyan, Jagung, Mangga, Sayuran, Bawang, Minuman Kopi, Daging Kuda, Naniura dan lainnya. Kearifan lokal ‘Marsirippa Sihali Aek di Desa Tipang, Perkampungan Tua, Rumah Adat, Sarcofagus, Wisata minat seperti Arung Jeram, Tubing, Susur Goa dan Trekking," ungkapnya. 

Bupati Dosmar berharap, kegiatan itu berjalan dengan baik dan berdampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat Humbang Hasundutan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Jakkon Marbun mengungkapkan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan itu adalah menetapkan dan mempromosikan Festival Raja Sisingamangaraja sebagai Calendar of Event (COE) Pariwisata dan Budaya Kabupaten Humbang Hasundutan dan mengajak masyarakat luas untuk menghadiri Festival Raja Sisingamangaraja.

Turut hadir pada kegiatan itu, Forkopimda, Ketua DWP Humbang Hasundutan Ny. Marista Tonny Sihombing, tokoh adat, tokoh agama, sanggar seni dan masyarakat.

Diketahui, Launcing Festival Raja Sisingamangaraja Tahun 2022 itu dilaksanakan Senin (11/7/2022) dan puncak kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (30/7/2022) di Geosite Sipincur, Kecamatan Peranginan. (Carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini