Pembukaan Festival Musik Anak Jalanan, Musik Kenalkan Budaya Papua Dari Tingkat Nasional Sampai Internasional

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Festival Musik Anak Jalanan (FMAJ) secara resmi dibuka oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, didampingi Wakil Rektor IV Uncen, Dekan FKIP Uncen yang ditandai dengan penabuhan Tifa di Lapangan Parkir Auditorium Uncen, Abepura, Kota Jayapura, Rabu (20/7).

Sebanyak 34 peserta yang terdiri dari 25 penyanyi solo, 5 grup vocal dan 4 folksong/tradisional ikut berpartisipasi dan berlomba untuk meraih juara dalam kegiatan yang digelar selama dua hari ini dari tanggal 20 Juli sampai dengan tanggal 21 Juli 2022.

Danrem 172/PWY dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini disamping sebagai ajang untuk berlomba juga sebagai wahana menyalurkan bakat dan kemampuan dalam berekspresi melalui musik bagi generasi muda Papua.

Dikatakan, Generasi muda Papua saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam ikut membangun Papua melalui Seni Budaya salah satunya musik sehingga dapat mengenalkan budaya Papua di taraf nasional hingga internasional. 

“Kami mengajak seluruh pihak untuk dapat bersama-sama mewadahi adik-adik kita ini dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya sehingga bakat yang dimiliki tidak sia-sia, sebab mereka hanya butuh panggungn dan ruang  untuk berkreasi,” kata Danrem.

Kepada seluruh peserta, Danrem berharap untuk berkompetisi dengan baik. “Tunjukan kemampuan terbaik yang kalian miliki dan raih prestasi yang membanggakan. Selamat bertanding,” pungkas Danrem.

Sementara itu Rektor Uncen yang diwakili oleh Pembantu Rektor IV, Dr. Fredrik Sokoy, S.Sos., M.Sos mengatakan semua pihak berbangga hati dalam menyambut kegiatan-kegiatan nyata yang bersifat kolaboratif seperti ini.

Sedangkan Dekan FKIP Uncen Yan Dirk Webiser, S.Pd, M.Hum., mengatakan kegiatan yang menggandeng anak jalanan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap keberadaan mereka yang juga merupakan aset bagi Pembangunan Daerah Papua.

Pada kegiatan tersebut, Danrem 172/PWY menyempatkan waktu melihat stand-stand UMKM yang sudah disiapkan oleh panitia bagi mama-mama Papua dan pelaku usaha yang ada di Jayapura dan sekitarnya.

Adapun finalis yang lolos ke babak final pada esok hari (Kamis-red) dari penyanyi solo sebanyak 8 orang yaitu Madrid Eva, Hana Kurni, Imelda Wairusi, Viki Satria, Duma Ayomi, Parman Sipayung, Desi Samangun dan Katrin Dow, kemudian penyanyi Folksong sebanyak 2 finalis yaitu dari Dapur kreatif dan Asrama Wondama serta dalam kategori Folksong/Tradisional sebanyak 4 group yaitu Ozon Band, Penonggalo Band, Mawar Merah Band dan Skullers Band.(rel)

Share:
Komentar

Berita Terkini