Ketua TP PKK Romy Mariani Pantau Pelaksanaan BIAN di SDN Punguan Nauli dan SMPN 3 Sidikalang

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - BIAN atau Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah upaya yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022 untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi Covid-19. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi Covid-19. Terbanyak di Jawa Barat, disusul Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan DKI Jakarta.

Dalam mendukung program penuntasan imunisasi rutin tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, bersama sekolah-sekolah menyelenggarakan BIAN bagi para anak didik. Kali ini, SD Punguan Nauli Sitinjo, dan SMP Negeri 3 Sidikalang mendapat giliran melakukan kegiatan tersebut yang mendapat kunjungan dari Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Senin (18/07/2022).

Dalam sambutan singkatnya, Ny Romy Mariani menyampaikan, bahwa pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif.

Tak hanya itu, Ny Romy Mariani menyampaikan juga bahwa imunisasi juga memiliki manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

“Program BIAN ini adalah program nasional, dan pencapaian kita masih rendah, dibawah 50 persen. Kehadiran saya ingin pastikan, pencapaian kita hingga tercapai hingga 95 persen sebagaimana target nasional. Sekaligus, saya juga ingin memonitor dimana kelemahan kita, hingga mengakibatkan pencapaian kita rendah,” kata Romy.

Diakhir sambutannya dihadapan para murid SD Negeri Punguan Nauli dan SMP Negeri 3 Sidikalang, tenaga pengajar, petugas kesehatan Ny. Romy berpesan agar semua pihak bersatu pada mewujudkan terget nasional, mewujudkan anak-anak yang sehat, cerdas dan unggul.

“Mari kita kerja secara bersama-sama. Jagan hanya pencapaian besar namun sebaran pelaksanaan Bian tidak merata. Mari berkolaborasi mewujudkan anak-anak yang unggul,” kata Ny. Romy berpesan.

Perlu diinformasikan, di sekolah yang merupakan tempat menimba ilmu Alviero Kudadiri, juara 3 nasional menulis surat kepada Kapolri ini akan dilaksanakan Bian kepada 78 orang siswa kelas 1, dimana untuk kelas 2 sudah dilakukan pada bulan Juni lalu. Sebelum melakukan imunisasi ini petugas kesehatan terlebih dahulu melakukan dilakukan pemeriksaan tinggi dan berat badan, pemeriksaan gigi, mulut, kuku rambut dan telinga. Hal ini sebagai bagian dari upaya menurunkan stunting.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan BIAN ini, Camat Sitinjo, Simon Toni Malau, Kepsek SDN Punguan Nauli, Kapus Puskesmas Sitinjo, Lusiana Hayatri. Sementara di SMP N 3, hadir kepala sekolah, Asima Simarmata, Kapus Puskesmas Batang beruh, serta para tenaga pengajar.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini