Kepala DLH dan Mantan Kadispora Karo Ditahan Kejari

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Kejaksaan Negeri Karo tidak main – main dengan komitmennya akan memberantas pelaku korupsi di Bumi Turang.


Dimana, Kejari Karo menahan oknum Kadis Lingkungan Hidup (Kadis LH) RT dan mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Karo RBP, setelah ditetapkan tersangka terkait dugaan tindak pidana korupsi, Kamis (21/7/2022) petang.


Adapun anggaran yang digunakan untuk pembangunan Gelanggang Olahraga tersebut sebesar Rp1,6 Milyar lebih. Tim penyidik menetapkan Robert sebagai tersangka saat menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan juga sebagai Pengguna Anggaran (PA) dalam proyek tersebut, sekaligus menjabat sebagai Kadispora Kabupaten Karo.


Sementara RT ditetapkan sebagai tersangka selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam kegiatan Pengelolaan Areal Pemakaman Umum di Desa Salit, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo tahun anggaran 2019 dengan pagu anggaran sebesar Rp. 3.030.322.600 di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten.


Dalam kegiatan ini, katanya, meliputi kegiatan pembuatan lapangan parkir, kolam resapan dan Plaza Bundaran, pengawas lapangan kegiatan pembuatan sumur bor dan pembangunan gedung kantor pengelola, pengawas lapangan kegiatan pembuatan gapura dan pengawas lapangan kegiatan pengadaan lampu jalan umum.


Dalam kegiatan ini kerugiaan negara sekitar Rp 500 juta.


Terkait kerugian Negara sudah dilakukan penghitungan oleh ahli yakni kurang lebih 500 juta rupiah,” kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Karo I. L. Nardo Sitepu.


Sedangkan pasal yang dipersangkakan yakni pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 undang-undang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun penjara.


Nardo menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan akan adanya tersangka baru baik dari pemerintah maupun pihak swasta.


“Saat ini kami sedang melakukan pengembangan dan tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru, tutupnya. (ds/Brama)

Share:
Komentar

Berita Terkini