Kejari Rohul Gelar Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kajari : Ini Capaian yang Dilakukan sepanjang 2022!

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Peringati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 Tahun 2022, Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hulu (Rohul) melakukan upacara di halaman Kantor Kejari Rohul, Komplek Bina Praja Perkantoran Pemkab Rohul, Jumat 22 Juli 2022.


Upacara yang diikuti oleh keluarga besar Kejari Rohul ini dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke- 62 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke- 22 tahun 2022.



Mengusung tema “Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi” upacara yang dipimpin Kajari Rohul Pri Wijeksono , SH. MH berjalan dengan khidmat.


Dalam amanat Jaksa Agung RI yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rokan Hulu, selaku Inspektur Upacara, disampaikan agar dapat mengedepankan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan, serta meningkatkan penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat, dan mendukung pemulihan ekonomi nasional, sebagaimana tertuang dalam 7 (tujuh) Perintah Harian Jaksa Agung RI.



"Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 Tahun 2022 kali ini juga sekaligus sebagai momentum evaluasi kinerja Kejaksaan Negeri Rokan Hulu untuk lebih profesional,"sebutnya.



Dalam kesempatan itu, Kajari Rohul memaparkan berbagai capaian yang telah dilakukan Kejaksaan Negeri Rokan Hulu sejak Januari 2022, antara lain : Menyediakan Rumah Restorative Justice di Desa Pasir Baru sebagai bentuk hadirnya Keadilan Restorative ditengah masyarakat; Melakukan penegakan hukum dalam perkara Tindak Pidana Korupsi Belanja Oksigen dan Gas pada BLUD RSUD Rokan Hulu TA. 2018 dan 2019, sekaligus berhasil memulihkan kerugian keuangan negara dari perkara tersebut sebesar Rp.2.092.751.129,00 (dua miliar sembilan puluh dua juta tujuh ratus lima puluh satu ribu seratus dua puluh sembilan rupiah).


Kemudian, Mendorong tersedianya sarana dan perasaan balai rehabilitasi bagi korban dan penyalahgunaan nerkotika di Kabupaten Rokan Hulu; Berhasil menyelamatkan potensi kerugian keuangan negara dari kegiatan Makan Minum Siswa / Siswi & Tenaga Pendidik di SMPN Tahfidz Madani & SMPN Islam Teknologi; dan kegiatan Rapat Koordinasi dan Konsultasi (Perjalanan Dinas) Dalam & Luar Daerah; serta kegiatan Penyediaan Makanan dan Minuman (Rapat Kantor) pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu Tahun Anggaran 2019, 2020 dan 2021 sebesar Rp.364.569.471,80 (tiga ratus enam puluh empat juta lima ratus enam puluh sembilan ribu empat ratus tujuh puluh satu rupiah delapan puluh sen).


Capaian lain yakni, Tertib dalam pemusnahan barang bukti yang dilakukan secara berkala dalam mewujudkan zero tunggakan ekseskusi; Berhasil mengamankan DPO dalam kegiatan Tangkap Buronan (Tabur) atas nama Mas Gaul alias Ucok Gaul Bin Mukhtar yang merupakan Terpidana perkara pembunuhan berencana yang telah Buron selama 12 tahun.


Serta yang terpenting Konsisten dalam melakukan Pendampingan Hukum dalam rangka meminimalisir permasalahan hukum terkait pelaksanaan kegiatan serta penyelamatan dan penertiban aset daerah Kabupaten Rokan Hulu.


"Semoga melalui peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 Tahun 2022 ini, Kejaksaan Negeri Rokan Hulu dapat menjadi salah satu institusi penegak hukum yang dipercaya masyarakat dan menjadi institusi yang lebih profesional, akuntabel dan inovatif, "tandasnya didampingi  Kasi Intel Kejari Rohul Ari Supandi, SH. MH.(ds/ali/rel)

Share:
Komentar

Berita Terkini