Kabupaten Labuhanbatu Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak Dari Kementerian PPPA

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com-Kabupaten Labuhanbatu kembali menerima penghargaan Kabupaten layak anaktahun 2022 kategori Pratama dari Kementerian PPPA Republik Indonesia, secara zoom meeting di Aula Rumah Bupati Labuhanbatu Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara jumat 22 Juli 2022.



Penghargaan tersebut merupakan apresiasi Mentri P3A RI kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota atas komitmennya yang tinggi dalam mewujudkan KLA melalui penerapan 24 indikator pada malam penganugerahan apresiasi KLA Tahun 2022 kepada Bupati atau Walikota yang berhasil mengupayakan berbagai strategi pemenuhan dan perlindungan hak anak melalui KLA tersebut.


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga dalam pidatonya menyebutkan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung penilaian kota layak anak tahun 2022.


Hal tersebut dilakukan pemerintah RI agar seluruh Kabupaten/kota yang ada di Indonesia lebih giat dan bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mendukung program nasional memberikan perlindungan kepada Anak dan membangun Kabupaten/Kota Layak Anak seperti tertuang dalam undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 Tahun 2022 tentang perlindungan anak.Ucap Bintang.


Disebutkan Menteri P3A, KLA bertujuan melindungi dan memenuhi hak anak juga untuk membangun inisiatif Pemerintah Kabupaten untuk lebih responsif terhadap kepentingan anak baik dalam kebijakan program dan kegiatan pembangunan serta kemitraan dengan lembaga non pemerintah di bidang pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. 


Lebih lanjut disampaikan Bintang, anak memiliki 4 hak dasar yaitu hak untuk hidup, berkembang, mendapatkan perlindungan dan hak administrasi, adapun permasalahan tersebut tidak bisa lepas dari sektor yang sangat esensial dalam sebuah sistem, baik sistem keluarga maupun pemerintahan. Saya tegaskan seluruh Provinsi untuk terus bersinergi dengan Kabupaten/Kota bahu membahu dengan serius menciptakan Kabupaten/kota layak anak.tegas Bintang Puspayoga.


Plt. Kepala Dinas P3A Labuhanbatu Hj.Tuti Noprida menyampaikan, ini adalah kali ke tujuh Kabupaten Labuhanbatu memperoleh penghargaan tingkat Pratama atau dasar, tahun 2023 atas perintah Bupati kita harus memperoleh predikat Nidya, ini menjadi tugas kita bersama seluruh OPD, kedepannya harapan saya kedepan target ini tercapai, ucapnya.


Diketahui, Penghargaan KLA kategori Pratama, Madya, Nindya dan Utama tahun 2022 diterima oleh 312 Kabupaten/Kota, se- Indonesia, dan Zomm Meeting diikuti 385 pimpinan daerah Walikota dan Bupati se-indonesia dan Para Lembaga Pemerhati Anak.


Sementara dikabupaten Labuhanbatu Zomm Meeting diikuti Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, didampingi Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs Sarimpunan Ritonga,M.Pd, Asisten II Ikramsyah Putra Nasution, Asisten III Zaid Harahap, Staf Ahli Bupati Jumingan dan Para Pimpinan Kepala OPD, Kabag dan Kaban Pemkab Labuhanbatu. (DS/Aji)

Share:
Komentar

Berita Terkini