Gunungsitoli Dinobatkan Jadi Kota Layak Anak

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA RI) menobatkan Kota Gunungsitoli menjadi Kota Layak Anak (KLA).

Penobatan itu melalui penyerahan penghargaan kepada Walikota Gunungsitoli di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, berharap penghargaan yang diberikan menjadi penyemangat pemerintah daerah dalam melindungi anak.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada daerah yang menerima penghargaan. Semoga penghargaan ini tidak dijadikan tujuan akhir, tetapi penyemangat untuk memenuhi hak dan melindungi anak", kata Puspayoga.

Diapun berpesan, agar daerah yang mendapat penghargaan menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia. Sehingga dapat maju bersama sebagai satu Indonesia.

"Pemerintah pusat melalui KemenPPPA telah mengimplementasikan kebijakan pembangunan KLA demi mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing, serta Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045", ujarnya.

Sementara itu, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua mengatakan bahwa memperhatikan kesehatan dan tumbuh kembang anak menjadi modal dasar mewujudkan daerah kota layak anak.

"Pemerintah daerah harus berperan aktif dalam memberikan perlindungan terhadap anak sehingga terhindar dari kekerasan, diskriminasi, perlakuan salah lainnya. Juga berpartisipasi menyuarakan aspirasi tentang anak", kata Walikota kepada wartawan.

Pemenuhan hak-hak anak, lanjut Walikota, sangat bersifat kompleks dan multisektoral. Karenanya, komitmen lintas sektor menjadi hal esensial.

“Perpres Nomor 25 Tahun 2021 menjadi dasar hukum program KLA di Indonesia. Tentu saja, Pepres tersebut memberi kemudahan bagi pemerintah daerah untuk berinovasi dan berkreasi. Sehingga program KLA berkembang sesuai potensi dan kearifan lokal", tandas Walikota. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini