Gerebek Kampung Narkoba Polres Taput Tes Urine Pengunjung Lapo Tuak

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Guna mengantisipasi dan mencegah penyalahgunaan narkotika, Polres Tapanuli Utara melaksanakan program Gerebek Kampung Narkoba (GKN).


Tim gabungan yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba AKP Razoki Harahap, Kamis (27/7/2022) malam, bergerak ke Desa Pansurnapitu,, Kecamatan Siatas Barita, Taput, untuk melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang warga di salah satu Lapo (Warung) tuak milik Sibarani, di Desa tersebut. Ketiga orang warga yang dperiksa, yaitu 

EP (37), GG (33), SH (37), ketiganya warga Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatas Barita.


Saat dilakukan penggeledahan terhadap ketiganya, petugas tidak menemukan narkotika maupun barang terlarang lainnya. Namun petugas tetap melakukan tes urine di warung tersebut dan hasilnya negatif.


Setelah tes urine, petugas mengimbau pengunjung dan warga agar tidak mau terpengaruh dengan ajakan orang-orang yang sudah terkontaminasi dengan pengguna narkoba.


Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi SIK MH, melalui Kasi Humas, Aiptu W Baringbing, Jumat (29/7/2022) menjelaskan, tim sengaja terjun ke Desa Pansurnapitu karena berdasarkan catatan polisi bahwa Desa tersebut sangat rawan dengan penyalahgunaan narkotika dan dipetakan sebagai salah satu Desa zona merah di wilayah Taput.


"Semua ini dilakukan untuk mempersempit ruang gerak para pelaku penyalagunaan narkoba yang akhir-akhir ini mulai marak di Taput. Sehingga dengan pola ini, niat dan kesempatan orang yang ingin menyalagunakan narkotika bisa terkendali," ujar Aiptu W Baringbing.


Selain ke Desa Pansurnapitu, kata Baringbing, di tempat-tempat lain juga hal demikian akan dilaksanakan secara berkesinambungan. Karena di wilayah Kabupaten Taput sudah ada beberapa Desa yang dipetakan sebagai Kampung Narkoba. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini