Empat Unit Rumah di Tarutung Ludes Terbakar

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Sebanyak empat unit rumah di daerah Hutabarat, Kelurahan Partali Toruan, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, ludes terbakar, Rabu (13/7/2022), sekira pukul 16.45 Wib.

Pemilik rumah yang terbakar, yaitu tiga unit rumah milik Jakkon Silaban (53) warga Air Panas Hutabarat, Kelurahan Partali Toruan, Kecamatan Tarutung, Taput, dan satu unit rumah milik Asima Nainggolan (40), warga yang sama.

Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi SIK MH, melalui Kasi Humas Aiptu W Baringbing, membenarkan kejadian kebakaran tersebut

Dijelaskan Aiptu W Baringbing, berdasarkan keterangan saksi, Cristina Hutabarat (49), istri dari Jakkkon Silaban, awal api bersumber dari rumah ketiga miliknya dari salah satu kamar belakang.

Menurut saksi, saat itu ia sedang berada di rumah pertama yang ditempatinya sehari-hari. Tiba-tiba ia melihat api di rumah ketiga di kamar belakang. Lalu saksi berteriak minta tolong. 

Kemudian menantunya, Erikson Nainggolan (40), langsung ke luar dari rumah kedua milik mertuanya karena saat itu sedang datang berkunjung dari Kabupaten Samosir.

Mendengar teriakan saksi, warga sekitar berdatangan dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, namun tidak sanggup sehingga api semakin membesar.

Keempat rumah yang terbakar posisinya rapat dan dindingnya terbuat dari kayu, sehingga api dengan cepat menghanguskan keempat rumah tersebut beserta isinya rata dengan tanah.

Satu jam kemudian, mobil Damkar Pemkab Taput tiba di lokasi kejadian sehingga api bisa dipadamkan dan tidak merembet ke rumah lain. 

Saksi Cristina Hutabarat menambahkan, ketiga rumahnya yang ludes terbakar selama ini yang ditempatinya hanya satu unit. Sedangkan dua unit lagi kosong dan dijadikan untuk tempat persinggahan anak-anaknya saat datang berkunjung.

Sementara rumah milik Asima Nainggolan yang juga ikut terbakar,  saat kejadian sedang kosong karena ditinggalkan orang yang mengontrak rumah tersebut. 

"Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan Rp 300 juta," ujar Aiptu W Baringbing.

Saat ini tim Inafis Polres Taput sudah melakukan olah TKP untuk mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini