Dosmar Banjarnahor: Ilmu Pengetahuan Mampu Merubah Masa Depan Generasi Muda

Editor: dailysatu author photo

Teks foto: Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor saat menyampaikan kata sambutannya dalam acara penutupan pelatihan pembelajaran matematika dengan metode gasing di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Jumat (8/7/2022).
dailysatu.com - Ilmu pengetahuan mampu merubah masa depan generasi muda, oleh karena itu, kepada guru-guru diharapkan untuk mempersiapkan anak didik dan membekalinya dengan ilmu pengetahuan, yang salah satunya dengan metode gasing. 

Hal itu dikatakan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor saat menyampaikan kata sambutannya pada penutupan pelatihan pembelajaran matematika dengan metode gasing di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Jumat (8/7/2022).

Bupati Dosmar menambahkan, bahwa Sumber Daya Alam sangat terbatas, tetapi dengan inovasi dalam bidang pendidikan akan mampu mengolah Sumber Daya Alam lebih baik.

"Dalam budaya batak, konsep ‘anakkon hi do hamoraon di au’ (anakku kekayaan bagiku-red) sejalan dengan bagaimana kita mempersiapkan anak-anak kita menyongsong masa depan dengan ilmu pengetahuan," kata Dosmar.

Pada kesempatan itu, Bupati Dosmar mengucapkan terimakasih kepada Profesor Yohanes Surya yang memberikan perhatian terhadap pendidikan di Humbahas. 

Selain itu, Bupati Dosmar juga mengucapkan terimakasih kepada PT. Parna Raya atas dukungan untuk terlaksananya pelatihan pembelajaran metode gasing di Kabupaten Humbahas. 

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Humbang Hasundutan, saya mengucapkan terimakasih kepada Profesor Yohanes Surya yang memberikan perhatiannya pada pendidikan di Kabupaten Humbang Hasundutan dan secara khusus kepada PT. Parna Raya yang mensponsori terlaksananya kegiatan Pelatihan Pembelajaran Matematika Gasing," ucap Dosmar. 

Pada kesempatan itu, Prof.Yohanes Surya menyampaikan bahwa merasa senang bisa berada dan bersama sama dalam pembelajaran metoda gasing bersama anak-anak didik dan guru-guru.

Prof. Yohanes Surya  juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Humbang Hasundutan dan PT. Parna Raya sebagai sponsor, sehingga kegiatan Pelatihan Matematika Metoda Gasing ini bisa terlaksana.

"Humbang Hasundutan saat ini memiliki guru-guru yang sudah siap untuk pembelajaran metoda gasing. Para guru diharapkan akan membagi pengetahuannya di Kabupaten Humbang Hasundutan dan kabupaten lainnya,"ucapnya.

Sementara itu, Direktur MRI PT. Parna Raya, Mahidin Simbolon yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, bahwa dengan pembelajaran yang sudah dilaksanakan ini akan memunculkan generasi muda yang lebih baik dan diharapkan anak-anak didik yang mengikuti pelatihan ini akan bisa bersaing ke depan dan bisa memasuki universitas pavorit.

Salah seorang siswa yang berkesempatan belajar metode gasing menyampaikan terimakasih kepada Bupati Humbang Hasundutan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga memudahkan untuk memahami matematika.

"Terimakasih kepada Profesor Yohanes Surya dan tim, terimakasih juga kepada Bapak Bupati Humbang Hasundutan yang telah memberikan perhatian terhadap pendidikan di Kabupaten Humbang Hasundutan," ucapnya. 

Sementara itu, salah sorang guru Donal Panjaitan menyampaikan sangat bersyukur bisa bertemu langsung dengan Profesor Yohanes Surya  dengan metode gasing yang membuat guru bisa lebih gampang belajar matematika. 

Donal juga mengharapkan, agar kiranya metode gasing ini dibuatkan menjadi muatan pembelajaran pengembangan diri sehingga tidak menyalahi dalam roster pembelajaran di sekolah.

Dalam laporannya, Kadis Pendidikan Humbahas, Jonny Gultom dalam laporannya menyampaikan, bahwa Pelatihan Pembelajaran Matematika Metode Gasing ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan mengasah pengetahuan dalam bidang ilmu matematika serta memberikan motivasi dalam meningkatkan semangat belajar bagi siswa dan guru.

"Adapun peserta berjumlah 900 orang yang terdiri dari, 600 orang siswa dan 300 orang guru. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 minggu dari tanggal 25 Juni s/d 8 Juli 2022. Lokasi pelatihan ada di 3 tempat yaitu di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, SD Negeri 173395 Doloksanggul dan SMP Negeri 2 Doloksanggul," pungkasnya.(carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini