Dinas Pemberdayaan Perempuan Dairi Ajak Korban Kekerasan Seksual Laporkan Pelaku

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com -  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Dairi mengajak korban dari kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak untuk tidak takut dan segera melaporkan pelaku kekerasan tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Dairi, dr Nitawati Sitohang Jumat (22/7/2022) diruang kerjanya.

Disampaikan Nitawati, kepada korban supaya jangan takut untuk melapor jika mengalami hal tersebut karena saat ini Dinas P3AP2KB akan menjamin identitas para korban sehingga korban akan aman.

Nitawati juga menyebut, Dinas P3AP2KB juga sudah memiliki rumah aman khusus untuk para korban dimana keamanan dan kebutuhan para korban benar-benar dijamin.

“Tidak perlu malu karena identitas korban kita jamin aman. Selain itu, Pemerintah juga memfasilitasi dan akan mendampingi korban mulai dari konseling hingga trauma hilang. Pendampingan ke ranah hukum, biaya perawatan di Rumah Sakit, semuanya gratis dan tidak dipungut biaya apapun,” ujarnya.

Selanjutnya, Nitawati menjelaskan, Dinas P3AP2KB juga mengintegrasikan dengan baik ke masyarakat dan sekolah supaya saat korban kembali, korban bisa diterima dengan baik, kembali nyaman dengan lingkungannya serta dapat menjalani hidup normal.

“Kami berharap angka kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan semakin dapat diminimalisir. Kita juga sudah bekerjasama dengan pihak kepolisian dan NGO terkait pendampingan terhadap kasus ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nitawati menyebut bahwa Kabupaten Dairi juga memiliki Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kekelengen yang ada di Jalan Keluarga Berencana Sidikalang. Menurutnya, Puspaga ini diperuntukkan untuk membina keluarga yang baik dalam melindungi hak anak.

“Puspaga dibentuk sebagai perwujudan program three ends, dengan mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan manusia dan mengakhiri kesenjangan ekonomi bagi perempuan. Puspaga menjadi salah satu program unggulan untuk pengasuhan yang benar dan pencegahan kekerasan dan eksploitasi dalam keluarga. Dairi telah memiliki Puspaga Kekelengen yang memberikan pelayanan konseling pernikahan, pra nikah, pola komunikasi keluarga, tumbuh kembang, pola asuh dan pendidikan anak,” katanya.

Selanjutnya, Nitawati menyebut jika mengalami kekerasan seksual dapat langsung menghubungi Dinas P3AP2KB ataupun pihak kepolisian terdekat.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini