Diduga Gelapkan Dana, Puluhan Anggota Koperasi Karya Bakti Bakal Polisikan Afrizal

Editor: romi syah author photo
Sekretaris MPC PP Rohul, Carles, ST (tengah) bersama Bendahara, Jhon Kanedy (kiri) dan Wakil Ketua, Budi Garden di Kantor MPC Rohul, Jalan Tuanku Tambusai saat melengkapi data untuk melaporkan Ketua Koperasi Petani Sawit, Karya Bakti, Afrizal ke Polda Riau


dailysatu.com- Tak terima uang gaji dari hasil sawit miliknya digelapkan, puluhan anggota Koperasi Sawit (Kopsa) Karya Bakti bakal melaporkan Afrizal, SH ke Kepolisian Daerah (Polda) Riau.


Selain soal penggelapan dana koperasi, mereka juga akan melaporkan Ketua Koperasi Karya Bakti, Afrizal terkait dugaan penggelapan jabatan yang dilakukan Afrizal, SH sejak 2017 lalu.


Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Rokan Hulu (Rohul) Syahmadi Malau melalui Sekretarisnya, Carles, ST kepada wartawan, Selasa 12 Juli 2022 menyebutkan pihaknya selaku kuasa dari puluhan anggota Kopsa Karya Bakti bakal mempolisikan Afrizal terkait dugaan kasus penggelapan dana anggota koperasi dan penggelapan jabatan.


"InsyaAllah, pekan ini kita akan ke Polda Riau guna membawa seluruh bukti-bukti yang telah kita kumpulkan untuk melaporkan Ketua Kopsa Karya Bakti bernama saudara Afrizal,"katanya.


Didampingi Kuasa Hukum dari Puluhan Anggota Kopsa Karya Bakti, Daud Pasaribu, SH & Associates Carles menyebutkan anggota koperasi  telah banyak dirugikan Afrizal selama menjabat Ketua Koperasi Karya Bakti.


"Seluruh kerugian yang ditanggung oleh anggota koperasi mencapai puluhan miliar. Modusnya Afrizal merugikan anggota dengan membayar gaji atau hasil sawit anggota koperasi tidak sesuai , "katanya.


Carles menyebutkan, setiap masing- masing anggota koperasi seharusnya mendapatkan gaji atau hasil dari sawit Rp.1,2 Juta  hingga Rp 1,5 juta ribu setiap bulan karena setiap anggota memiliki 2 hektare (ha). 


"Tapi sudah beberapa tahun sejak 2018 gaji yang diterima hanya Rp.80 ribu hingga 100 ribu,"sebutnya.


Disebutkan, Adapun luas kebun sawit milik anggota koperasi Karya Bakti yang dimitrakan dengan PT Tor Ganda  selaku 'bapak angkat' seluas 1009 ha terletak di Desa Mahato, Kecamatan Tambusai Utara (Tambut), Rohul dengan total jumlah anggota 975 orang. (ds/tim)




Share:
Komentar

Berita Terkini