Bupati Madina Harus Evaluasi Satpol PP Untuk Tingkatkan PAD

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Bupati Kabupaten Mandailing Natal terus berusaha melakukan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun tampaknya usaha Bupati ini akan sia-sia jika tidak didukung oleh kecakapan dan inovasi dari Kesatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Kabupaten Madina. Jika ini terus terjadi, Bupati Madina harus lakukan evaluasi Satpol PP. Hal ini disampaikan oleh Pengamat Anggaran, Elfanda Nanda kepada dailysatu.com, Rabu (20/7). 

Menurut Elfanda, Satpol PP memiliki tugas penting dalam membantu menjalankan program Bupati. Salah satu fungsi penting itu adalah melakukan peningkatan PAD. Bukan hanya melakukan razia-razia penyakit masyarakat saja. 

"Seluruh satuan Pol PP itu harus paham fungsi mereka. Bukan hanya razia pekat saja. Tapi tugas dalam meningkatkan PAD itu juga merupakan tugas dari Pol PP," jelas Elfanda. 

Dalam menjalankan fungsi ini, Pol PP harus selalu berkoordinasi dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Contohnya dengan ikut serta dalam melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) yang berkaitan dengan pajak yang berkaitan langsung dengan daerah maupun tidak langsung. 

"Satpol PP bisa berkoordinasi dengan melakukan sosialisasi Perda khususnya yang berkaitan dengan paja daerah. Bukan menunggu, tapi melakukan koordinasi," tegasnya. 

Dalam melakukan fungsi ini, Sat Pol PP seharusnya bisa memberikan jaminan keamanan dalam berinvestasi kepada pengusaha kecil, menengah. Karena itu menurut Elfanda, Satpol PP harus berteman dengan para pengusaha bukan bermusuhan. 

Melihat hal ini Elfanda berharap Bupati Madina bisa segera melakukan evaluasi terhadap kerja Satpol PP. Hal ini dianggap Elfanda perlu untuk mensinergikan fungsi dan kerja Satpol PP dengan visi misi Bupati Madina dalam meningkatkan PAD. 

"Bupati Madina harus bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja Satpol PP. Ini akan berdampak dengan visi misi Bupati Madina, dalam meningkatkan PAD di Madina," ungkapnya. (Reza)

Share:
Komentar

Berita Terkini