Bupati Dairi Tanam Kopi di Kecamatan Parbuluan

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Setelah melakukan tanam kopi di Desa Perjuangan Kecamatan Sumbul, Bupati Dairi Dr Eddy Berutu kembali melakukan tanam kopi bersama dengan petani di Desa Lae Hole II, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Kamis (28/7/2022).

Ditemui usai penanaman pohon, Bupati Dairi mengatakan ini adalah gerakan yang ingin kita bangkitkan dalam masyarakat agar percepatan penanaman kopi itu semakin tinggi. Pemerintah ingin menggairahkan para petani untuk lebih semangat lebih aktif memanfaatkan semua lahannya yang cocok untuk kopi Sidikalang.

“Karena kita ingin mengakselerasi mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang. Kita membentuk sebuah ekosistem untuk mendukung para petani sehingga model yang kita lakukan ini berbeda dengan model sebelumnya, model ini kita himpun semua kebutuhan petani untuk mendukung mereka,” kata Eddy Berutu.

Hal itu Ia sampaikan agar para petani bisa lebih fokus dalam mengurus tanamannya dengan pendampingan tentunya. Dengan model tersebut diharapkan hasil pertanian jauh lebih baik, produktifitas tinggi sehingga pada akhirnya memberikan dampak kemakmuran bagi masyarakat Dairi.

Lebih lanjut Bupati ucapkan, terdapat beberapa Kecamatan yang telah dilakukan tanam klaster kopi antara lain Parbuluan, Sumbul, Pegagan Hilir, Sitinjo dan Sidikalang dimana daerah tersebut memiliki ketinggian diantara 800 hingga 1200 meter di atas permukaan laut.

“Apa yang kita lakukan ini memang tidak mudah. Oleh karena itu kita bentuk sebuah sistem yang disebut dengan KUR Klaster. Target 5000 hektar tanam kopi yang kami canangkan semoga bisa terwujud, saat ini kami bersama pihak terkait sudah tanam sebanyak 2500 batang kopi. Tahun ini ada 2 juta bibit yang kami siapkan untuk mendukung para petani kita,” ujar Bupati Dairi di akhir pernyataannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi Robot Simanullang yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pemerintah telah melakukan Gerakan Tanam Kopi (Gertaki) seluas 1 hektar bersama Dirjen Pertanian beberapa waktu yang lalu.

“Program klaster berjalan dengan baik sejauh ini, berikutnya tanam bersama kopi akan dilakukan di setiap Kecamatan. Terimakasih kepada Pak Bupati karena telah mendukung penanaman kopi di Parbuluan. Ini program baik, tidak ada program pemerintah yang tidak pro kepada rakyat,” ucap Robot.

Dalam kegiatan ini, Bupati Dairi Eddy Berutu dan Ketua TP PKK Romy Mariani melakukan ramah tamah dengan masyarakat dan petani kopi Parbuluan. Bupati juga memberikan alat pertanian kepada Maruntung Sihombing sebagai pemilik lahan untuk dilakukan tanam kopi.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini