Buku ‘My Dear Dairi’ Tulisan Menceritakan Ketangguhan Perempuan Dairi

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi, Ny Romy Mariani Eddy Berutu menghadiri acara Summit Women 20 (W20) yang diadakan di Parapat , Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (19/07/2022).

Pembukaan ditandai dengan pengguntingan pita anjungan W20 Toba Expo 2022 dan pemukulan Gordang Sembilan oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Ditemui disela-sela kegiatan, Ny Romy Mariani menyampaikan rasa bahagia serta bangga bisa terlibat dalam perhelatan internasional ini dengan mengusung kearifan lokal yang berasal dari perempuan-perempuan tangguh tanah Dairi.

“Kita patut berbangga bisa ikut terlibat dalam Summit W20 ini, dengan menuangkan ide dalam sebuah buku berjudul ‘My Dear Dairi’ yang diterbitkan oleh Yayasan AUR Dairi Menenggoi, yang akan kita bagikan dalam event khusus kepada 15 negara delegasi yang ikut serta dalam kegiatan ini,” kata Romy.

Romy menjelaskan, sebagai sebuah kabupaten yang ikut terlibat dalam Summit W20, buku My Dear Dairi akan bercerita betapa tangguhnya perempuan-perempuan Dairi, yang bergerak menjadi penopang ekonomi.

“Buku ini menceritakan perempuan-perempuan yang menginspirasi, yaitu perempuan petenun, dan petani kopi, bagaimana perempuan-perempuan itu memiliki peran dalam rumahtangga dan masyarakat. Dan ternyata Tuhan menciptakan perempuan itu sebagai mahluk yang tangguh yang bisa jadi penopang ketahanan ekonomi keluarga. Mudah-mudahan buku ini mampu menginspirasi banyak orang, dimana saja mereka berada,” ucap Romy mengakhiri.

Sementara itu, Chair of W20 Indonesia Handrianus Uli Silalahi mengatakan, pertemuan W20 menawarkan dan memiliki kesempatan penting dalam memastikan pemulihan ekonomi yang inklusif dengan menempatkan peran perempuan.

Isu penting yang disepakati W20 di Parapat ini akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo selaku presiden G20 untuk selanjutnya ditindak lanjuti dalam pertemuan G20 presidensi pada November 2022.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ny Nawal Edy Rahmayadi, Ny Devi Luhut Binsar Panjaitan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin, Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Ny Sandiaga Uno, Presiden Kowani Titien Pamudji dan Chair of W20 Indonesia Handrianus Uli Silalahi serta para undangan lainnya.

Usai kegiatan, pada sore hari Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, bersama Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, dan Ketua Yayasan AUR Dairi Menenggoi, Dimytri Berutu, membagikan buku My Dear Dairi kepada 15 delegasi. Malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan gala dinner bersama seluruh peserta.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini