40 Tahun Menunggu, Desa Lau Molgap Akhirnya Miliki PAUD

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Setelah menunggu selama 40 tahun, kini Desa Lau Molgap, Kecamatan Tigalingga akhirnya memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD yang diberi nama PAUD Martabe ini diresmikan oleh Bunda PAUD Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu, Jumat (15/07/2022).

Sebelum meresmikan yang ditandai dengan pengguntingan pita. Bunda PAUD Kabupaten ini mengatakan, PAUD merupakan pilar perdana guna membentuk anak Indonesia yang berkualitas dimasa depan, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.

“Agar tumbuh kembang anak dan kecerdasannya optimal harus juga memiliki kesiapan yang optimal yang bisa didapat melalui pendidikan dasar, salah satunya melalui PAUD,” ujar Romy.

Lebih jauh, Romy mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah Desa Lau Molgap dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kualitas pendidikan dasar. Ia menyebut 80 persen otak manusia berkembang di usia 0-6 tahun, usia emas dari anak-anak. Oleh karena itu, peran PAUD merupakan pendidikan yang paling penting dari semua jenjang pendidikan.

“Salut buat Desa Lau Molgap, yang paham bahwa mendirikan PAUD adalah investasi untuk masa depan,” kata Romy Mariani.

Diakhir sambutannya, Romy Mariani mengajak seluruh orangtua warga desa yang memiliki anak usia dini untuk menyekolahkan dan mengikuti pendidikan dasar di PAUD Martabe.

“Ayo, bapak, ibu dan para orangtua kami, jika ada anak kita yang berusia 5 hingga 6 tahun agar menyekolahkan anaknya di sini. Ini buat kemajuan desa kita di masa depan,” kata Romy mengakhiri.

Sebelumnya, Bunda PAUD Desa Lau Molgap , Dumaria Sitorus, meminta kepada pemerintah Kabupaten dairi melalui Bunda PAUD Kabupaten agar senantiasa memberi perhatian khusus bagi perkembangan dan keberlangsungan PAUD Martabe kedepan.

“Sebagai PAUD baru, saat ini kami memiliki 15 orang, dengan 2 orang tutor. Tentu masih ada kekurangan yang lain, namun kami akan berupaya agar PAUD ini berkembang, tentu dengan dukungan dari pemerintah, dinas terkait, juga dukungan Bunda PAUD Kabupaten, seperti kebutuhan akan fasilitas belajar, insentif tutor. Sebagai PAUD yang berdiri terakhir, kami harap agar mendapat prioritas apabila ada bantuan pengembabgan pendidikan dasar,’ kata Dumaria yang disambut tepuk tangan warga.

Hadir dalam peresmian PAUD ini, Kabid PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Marina Sinaga, Camat Tigalingga Untung Nahampun, Bunda PAUD Kecamatan, Kepala desa Lau Molgap, Sudrianto Lumbangaoal, Kades se Kecamatan Tigalingga beserta Bunda PAUD Desa, para orangtua anak PAUD Martabe, dan warga desa Lau Molgap.

Diakhir peresmian, bunda Paud Kabupaten juga menerima cinderamata berupa ulos yang disematkan oleh tokoh masyarakat setempat.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini