116 Petugas Pencacah Dinas Sosial Kota Medan Disebar Lakukan Verifikasi & Validasi Usulan Baru DTKS

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Pemko Medan melalui Dinas Sosial Kota Medan kembali melakukan kegiatan verifikasi dan validasi usulan baru Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Medan tahun 2022. Kegiatan ini ditandai dengan penugasan 116 petugas pencacah dan TKSK Se Kota Medan oleh Kepala Dinas Sosial Khoiruddin, Selasa (19/7) kemarin.


 Khoiruddin menjelaska, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunya tujuanya untuk memperbaharui data DTKS yang di miliki Pemko Medan.


"Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap tahunya untuk melihat kembali usulan dari Kelurahan yang warganya akan kita masukan kedalam DTKS, artinya nanti jumlah DTKS itu bisa berkurang ataupun bertambah."kata Khoiruddin.


Untuk tahap awal kata Khoiruddin, Dinsos telah menerima usulan dari masing-masing Kecamatan yang akan di usulkan masuk ke DTKS. Kemudian Dinsos membentuk tim pencacah yang berasal dari Kelurahan dan Kecamatan untuk melakukan verifikasi usulan yang telah diberikan oleh masing-masing Kecamatan.


"Tim pencacah yang telah kita bentuk ini langsung mendatangi kerumah warga yang di usulkan untuk melakukan verifikasi sesuai atau tidak usulan yang disampaikan dengan Perwal Kota Medan no 33 tahun 2021 tentang kriteria fakir miskin dan orang tidak mampu di kota Medan."sebut Khoiruddin.


Hasil dari verifikasi yang dilakukan oleh tim pencacah tersebut nantinya akan dikembali ke seluruh Kelurahan untuk dilakukan musyawarah Kelurahan.


"Jadi penentunya itu di kegiatan musyawarah Kelurahan nanti, apakah nama-nama tersebut dimasukan ke DTKS atau tidak"ujarnya.


Kegiatan verifikasi dan validasi usulan baru DTKS ini dikatakan Khoruddin sangat penting untuk dilakukan, karena Wali Kota Medan Bobby Nasution ingin agar masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan masuk kedalam DTKS.


"Jadi Pak Wali Kota berpesan agar pendataan ini dilakukan secara objektif."pungkasnya.(rel)

Share:
Komentar

Berita Terkini