Tingkatkan PAD, Bupati Madina Ajukan WUP

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Percepatan pembangunan di Kabupaten Mandailing Natal sejatinya bisa dilakukan dengan menggenjot Pendapatan Asli Daerah. Salah satunya dengan memberantas dan menertibkan tambang-tambang emas ilegal. Hal ini lah yang seda ini dilakukan oleh Bupati Madina, HM. Jakhfar Sukhairi Nasution. Beberapa upaya yang telah dilakukannya salah satunya dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk mengajukan Wilayah Usaha Pertambangan (WUP).

"Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Kita juga segera melakukan pendataan untuk wilayah usaha pertambangan bagi masyarakat," jelas Sukhairi kepada dailysatu, Senin (27/6). 

Menurut Sukhairi langkah ini diambil sebagai upaya Pemda melindungi sumber daya alam di Madina agar tak dirusak. Sehingga hasil dari tambang-tambang emas ilegal yang selama ini tak terdata dapat dioptimalkan untuk pemasukan pendapatan daerah. 

"Sudah kita usulkan WUP ke pusat. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah propinsi terkait masalah izin-izin yang merupakan tanggung jawab dari Pemkab. Kita tunggu hasil dari Pemprop terkait juknis (petunjuk teknis.red) dari pusat,"tegasnya. 

Sukhairi berharap dengan turunnya juknis dari Pemerintah pusat ini, masyarakat di kawasan Batang Natal yang selama ini kucing-kucingan dengan pihak Aparat Penegak Hukum (APH) dapat kembali melakukan kegiatan tambang tanpa merusak lingkungan. 

Terkait masalah lingkungan juga, Bupati telah bentuk tim pemulihan lingkungan yang dipimpin oleh Asisten III Pemkab Madina, Sahnan Batubara. Menurut bupati, tim ini nanti akan melakukan pendataan wilayah-wilayah mana saja yang bisa dijadikan WUP untuk masyarakat. (Reza).

Share:
Komentar

Berita Terkini