Sikap Represif Polisi Banting Warga dari Truk Pelanggaran HAM, IPW Minta Kapolres Rohul Dicopot

Editor: romi syah author photo

Polisi berbaret biru saat membanting seorang pria dari bak truk di Rokan Hulu, Riau. (Foto: istimewa)




dailysatu.com- Indonesia Police Watch (IPW) angkat bicara terkait Viralnya video aksi represif yang dilakukan oleh personil kepolisian saat membubarkan massa aksi unjukrasa Pimpinan Unit Kerja (PUK) Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan (F SPPP) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di pintu masuk PT. Karya Samo Mas (PT. KSM), Desa Teluk Aur, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Senin (30/5) lalu.


Ketua Presidium IPW, Sugeng Teguh Santoso menyebut berdasarkan hasil penelaan dari video yang tersebar di jagad maya itu, Sugeng bilang bahwa tindakan Polres Rohul adalah pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) atas hak menyampaikan sikap dan pendapat dimuka umum dan dalam video itu juga secara jelas okum dari Polres Rohul melakukan tindakan kekerasan.


Hal itu disampaikan Sugeng Teguh Santoso kepada wartawan saat diminta tanggapannya perihal video tindakan represif yang dilakukan oleh aparat kepolisian Polres Rohul, Kamis 2 Juni 2022.


Dikatakan, tindakan melakukan pembubaran paksa terhadap pendemo secara represif itu telah melanggar Peraturan Kapolri  (Perkap) Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian serta 

Perkap No. 7 tahun 2012 tentang tentang tata cara penyelenggaraan pelayanan ,pengamanan perkara penyampaian pendapat dimuka umum.  



Untuk itu, sambung Sugeng, IPW mendesak agar Kapolda Riau dalam hal Propam Polda Riau harus mengevaluasi Kapolres Rohul dengan dicopot terlebih dahulu dari jabatannya.


" Pembubaran tersebut harusnya dengan peringatan lisan lebih dulu dan tidak main paksa dengan kasar. Propam Polda  Riau harus evaluasi Kapolres Rokan Hulu dengan dicopot lebih dahulu dari jabatannya. Sebab, terlihat divideo massa sedang duduk-duduk dan dibubarkan paksa dengan kekerasan dan bahkan ada yang dilempar dari truk seperti barang. Dalam kasus itu Presisi Kapolri telah dilanggar oleh Polres Rohul,"tutupnya.


Disebutkan beberapa hari ini beredar Video oknum polisi berbaret biru membanting seorang pria dari dalam truk, viral. Aksi itu diduga terjadi di Rokan Hulu, Riau saat demo buruh.



Dilihat dailysatu.com (1/6/2022) ada beberapa pria berada di bak truk. Polisi berseragam lengkap juga bersiaga dengan atribut lengkap.


Tiba-tiba seorang oknum polisi pakai baret biru naik ke bak truk. Dengan cepat polisi tersebut menarik pria dari bak kemudian membantingnya ke luar truk hingga terguling dan terjatuh.


Setelah terjatuh, pria tersebut langsung disambut polisi dengan atribut lengkap dalmas. Lehernya dipiting dan ditarik dan diasingkan dari keramaian.


"Jangan ada yang kekerasan," kata salah seorang seperti terekam video.


Dalam video juga tertulis waktu kejadian, Senin (30/5) sekitar pukul 11.30 WIB.(ds/tim)











Share:
Komentar

Berita Terkini