Sensus Penduduk Untuk Parameter Demografi, Kata Walikota Gunungsitoli

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar sosialisasi Sensus Penduduk lanjutan, Selasa (31/5/2022).

Kegiatan yang dihadiri Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, itu berlangsung di Desa Ombolata Ulu, Kecamatan Gunungsitoli.

Kepada wartawan, Walikota menyebut sensus penduduk lanjutan bertujuan menyediakan parameter dan karateristik demografi seperti tingkat kematian, kelahiran, perpindahan, disabilitas, perumahan, dan pendidikan.

"Pendataan nantinya dijadikan sebagai acuan dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan Pemerintah Kota Gunungsitoli pada bidang kependudukan", kata Walikota.

Lebih jauh Walikota menerangkan, bahwa sensus penduduk lanjutan merupakan program nasional yang harus dilaksanakan dengan melibatkan Pemerintah Kecamatan, Desa, Kelurahan.

"Saya sudah menginstruksikan Camat, Kepala Desa, dan Lurah untuk mendukung program sensus penduduk lanjutan ini", ujar Walikota.

Sementara Kepala BPS Kota Gunungsitoli, Sabar Alberto Harianja S.Si, MM menyampaikan setidaknya enam Camat, 101 Kepala Desa dan Lurah, serta perwakilan organisasi dilibatkan dalam sosialisasi sensus penduduk lanjutan tersebut.

“Sosialiasi juga bertujuan untuk mendapat dukungan masyarakat mensukseskan program sensus penduduk lanjutan", ucap Alberto.

Alberto berharap, program sensus penduduk lanjutan dapat menghasilkan jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk Kota Gunungsitoli.

"Kemudian memperoleh indikator angka kematian Ibu guna memperbarui data yang digunakan sebagai proyeksi penduduk sehingga menyajikan satu data kependudukan",tandasnya. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini