Selain Foto Pahlawan, Map Bermerk Desa juga Dikelola TS Bupati

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com-Pemotongan dana desa di Kabupaten Mandailing Natal tampaknya tak hanya berakhir dipengadaan foto pahlawan saja. Bahkan pengadaan map desa pun tampaknya menjadi pekerjaan baru bagi oknum-oknum tertentu. Buktinya dari pantauan wartawan, di beberapa desa ditemukan map khusus Desa yang informasinya dicetak dan dikelola oleh satu oknum. 

Bahkan untuk pengadaan map desa ini diduga dilakukan oleh para tim sukses Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada 2020 kemarin. Informasi ini didapat dari beberapa kepala desa yang dikonfirmasi oleh wartawan. 

"Tahun ini ada masuk map bergambar dan berlogo desa. Mereka yang mensosialisasikannya juga mengatakan sudah mendapatkan izin dari Bupati. Map-map itu juga sudah ada," ucap Kepala Desa yang enggan disebutkan namanya. 

Map merk desa ini sendiri dihargai Rp 900.000,-/100 lembarnya. Bahkan dari data di lapangan, ada beberapa desa yang harus membayar Rp 1.000.000,-/100 lembarnya. 

"Harganya berbeda-beda. Desa kami ini kami membayar sembilan ratus ribu rupiah. Map itu sampai baru kami bayarnya ke staff di kecamatan,"jelas kepala desa tersebut. 

Namun, ada informasi dari salah satu Camat di Kecamatan Batahan yang tidak mengakui adanya pengadaan map tersebut. Bahkan Kepala desa itu menyatakan untuk Map Desa, dia langsung mencetak ke percetakan. 

"Tidak ada itu. Desa kami untuk map, memang mencetak sendiri. Perlembarnya itu diharga lima ribu rupiah untuk perlembarnya,"tegasnya. (Reza).

Share:
Komentar

Berita Terkini