Satu Pengedar, 2 Kurir, dan 3 Orang Pengguna Narkoba di Taput Ditangkap Polisi

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Satuan Reserse Narkoba Polres Tapanuli Utara berhasil menangkap enam orang pelaku penyalahgunaan narkotika jenis ganja kering.

Keenam orang tersangka yaitu, HPS (18) warga Desa Lobuhole Kecamatan Siatas Barita Taput, AMS (18) warga Desa Hutabarat Sosunggulon Kecamatan Tarutung Taput, NSM (18) warga Desa Hutagalung Siwaluompu Kecamatan Tarutung Taput, ATS (19) warga Desa Parbaju Julu Kecamatan Tarutung Taput, LH (19) warga Kelurahan  Hutatoruan IX Kecamatan Tarutung Taput, dan FN (17) seorang anak masih dibawah umur.

Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung SH SIK MH, melalui Kasi Humas Aiptu W Baringbing, Minggu (19/6/2022), kepada wartawan mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan Tim Opsnal Sat Narkoba berdasarkan informasi dari masyarakat.

Pertama ditangkap yaitu, HPS dan AMS di daerah Bondar Sibabiat pada Jumat (17/6/2022) sekira pukul 20.15 Wib. Keduanya dicegat dan diamankan petugas saat naik sepeda motor hendak mengantar narkoba jenis ganjang kering ke Desa Lobuhole, Kecamatan Siatas Barita.

Saat digeledah, petugas menemukan 2 paket ganja kering yang dibungkus dikertas warna coklat berisi daun, batang dan biji ganja. Ketika dinterogasi petugas, mereka mengaku disuruh oleh NSM untuk mengantar barang haram tersebut kepada seseorang ke Desa Lobuhole.

Selanjutnya petugas mengejar NSM ke Dusun Pea Nahuncus, Desa Hutagalung Siwaluompu, Tarutung, namun tidak berada di rumahnya. Petugas lalu mencari informasi keberadaan NSM. Sekitar pukul 23.00 Wib, petugas mendapat Informasi NSM sedang berada di tribun lapangan Tangsi Jl. Melanthon Siregar, Kecamatan Tarutung.

Tak mau buruannya kabur, petugas mengejar tersangka ke tempat tersebut. Akhirnya petugas berhasil menangkap NSM saat sedang asyik menikmati ganja bersama tiga orang temannya, yaitu FN, ATS dan LH.

Lanjut Aiptu Baringbing, petugas kemudian membawa keempat orang pelaku ke Unit Narkoba untuk diperiksa. Dari hasil pemeriksaan, NSM mengakui bahwa dirinya masih ada menyimpan ganja kering sebanyak 16 paket yang sudah siap edar di dalam sebuah kaleng di dekat rumahnya. Petugas kembali mengambil barang bukti tersebut.

Dari hasil penangkapan terhadap keenam orang tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 101, 53 gram ganja kering, 1 unit Sepeda Motor, 2 unit HP, dan 3 lembar kertas tiktak.

"Saat ini enam tersangka sudah ditahan di Polres Taput dan sekaligus untuk pengembangan asal usul ganja tersebut. Pasal yang kita terapkan untuk mereka berbeda. Untuk tersangka HPS, AMS dan NSM dikenakan pasal 114 Sub 111 UU No 35 Tahun 2009 tentang penyalagunaan Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara. Sedangkan tersangka FN, ATS dan LH dikenakan melanggar pasal 127 huruf a UU yang sama dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara," ungkap Aiptu W Baringbing. (ds/Bisnur Sitompul)

Ket. Foto: Empat dari enam orang tersangka Narkoba yang ditangkap. Satu orang (FN) masih dibawah umur dan satu orang lagi (AMS) dirawat di RS karena diduga mengidap penyakit Hepatitis.

Share:
Komentar

Berita Terkini