Sabam Manalu Dilantik Jadi Ketum Pengprov Pertina Sumut

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Mayjen TNI Purn Komaruddin Simanjuntak selaku Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) melantik jajaran Pengprov Pertina Sumatera Utara (Sumut) Periode 2022-2026 di aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, jalan Sudirman, Medan, Jumat (10/6/2022).

Pelantikan dihadiri oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, Koordinator Pertina Wilayah Barat Romein Manalu, Dewan Penasehat Maruli Siahaan, unsur Forkopimda Provinsi, Sejumlah Pengurus Pertina Pusat dan 30 atlet di Pusdiklat Tinju Sumut serta para pelatih daerah yang dipersiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumut - Aceh. Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Gubernur Edy Rahmayadi meminta Pengprov Pertina Sumut bekerja keras untuk mempersiapkan para atlet yang akan berlatih di PON XXI dimana Sumut menjadi salah satu tuan rumah.

"Saya yakin dan mendoakan semua medali emas tinju pada PON 2024 akan tinggal di sini", ujar Edy Rahmayadi memberi semangat dan motivasi kepada jajaran pengurus dan para atlet.

Permintaan Gubernur disambut baik oleh Sabam Parulian Manalu yang menyatakan bahwa target tersebut dapat diwujudkan dengan program terukur yang sudah diterapkan di Pusdiklat Tinju Sumut di Martubung.

"Pengprov Sumut sudah membuat program pertandingan tinju setiap minggu di Pusdiklat. Ada 25 kelas, dan setiap minggu digelar 6 kelas pertandingan, jadi para atlet muda rutin bertanding. Kami harap Ketua KONI Sumut dapat hadir nanti malam, pertandingan tinju akan dilaksanakan di Pusdiklat Tinju Sumut di Martubung," tutur Ketua Sabam 

Kepada Pangdam Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Ketua Pertina Sumut meminta agar para atlet muda yang berprestasi, apalagi bisa memperoleh medali emas di PON XXI nanti, dapat diprioritaskan untuk menjadi tentara.

"Saya mohon perhatian Bapak Pangdam, demi Sumut Bermartabat dan NKRI jaya," ujarnya.

Sementara, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak menyampaikan bahwa tiada prestasi tanpa latihan yang terprogram dan terukur. Atas dasar itulah, Komaruddin meminta pengurus Pertina Sumut menyatukan hati demi target juara umum Cabor Tinju di PON XXI.

Dalam kesempatannya, Komaruddin juga memperkenalkan Saroha Lumban Tobing peraih medali perak di SEA Games Vietnam. Mantan Pangdam Udayana ini menjuluki Saroha dengan Sisingamangaraja.

"Dimana pun Saroha bertanding saya akan turun dan menonton langsung untuk memberikan semangat. Bahkan di SEA Games, Saya sampai ditegor Pak Marciano (Ketua KONI Pusat) saat berteriak memberikan semangat pada Saroha ketika bertanding lawan petinju Filipina di Vietnam. Saya teriakkan, Sisingamangaraja.... Bangkit," ungkap Mayjen Komaruddin.

Komaruddin meyakini bahwa Sumut, sebagai provinsi dengan penduduk keempat terbesar di Indonesia memiliki banyak potensi dalam melahirkan petinju-petinju andal. 

Pertina sangat berharap Pengprov Pertina Sumut bisa kembali bangkit melahirkan petinju andal, sekelas Syamsul Anwar Harahap dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas. (Ril)

Share:
Komentar

Berita Terkini