Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Gagal Melakukan Tupoksinya

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Bedasarkan pengamatan di berbagai sekolah baik tingkat SD maupun SMP, awak media banyak sekolah yang belum menjalankan Juknis dalam penggunaan Dana BOS salah satunya adalah tentang transparansi.Dimana dalam pengelolaan dana BOS,pihak sekolah harus mengumumkan laporan penggunaan dana bos di tempat yang mudah di akses oleh masyarakat.


Melihat adanya perbuatan melawan hukum atas tidak di jalankannya juknis bos di hampir sekolah sekolah tersebut,awak media  melalui aplikasi messenger menyampaikan permasalahan tersebut kepada Kordinator Pengawas (Korwas) Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Karo.


Kordinator Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Simson Sembiring, via messenger menjawab bahwa permasalahannya tersebut , Korwas telah melaporkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo yang lama Edi Surianta Surbakti namun tidak di tanggapi. Dan untuk Kepala Dinas yang baru Andreas Tarigan, Pengawas Sekolah masih fokus dengan pemetaan kompetensi Kepsek, UAS, lulus lulusan dll ujar Simson Sembiring.


Berbekal jawaban dari Korwas Simson Sembiring terkait laporan Korwas yang tidak di tanggapi oleh Kadis pendidikan yang lama,awak media mencoba untuk konfirmasi kepada kadis diknas yang lama Edi Surianta Surbakti.Namun jawaban dari kadis diknas yang lama justru berbanding terbalik karena menyatakan "Justru saya (kadis lama) yang suruh sekolah untuk membuat laporan penggunaan dana bos dan seluruh Juknis agar dilaksanakan dan diawasi oleh seluruh pengawas sekolah dan bidang - bidang terkait," ujarnya, Kamis 23 Juni 2022.


Setelah mendapat jawaban dari kadis yang lama,Awak mediapun mengirim hasil screnshoot jawaban dari kadis yang lama kepada Korwas.Dan kemudian Korwas menjawab "Pemasangan papan pengumuman penggunaan dana BOS tentu tanggung jawab Kepala Sekolah, pengawas cuma menghimbau. Fungsi utama pengawas sekolah adalah pembinaan terhadap Kepsek dan Guru tentang Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah ujarnya;


Sebagai refrensi tentang standar pengelolaan ,Pengawas sekolah juga wajib melakukan pengawasan menejerial yang termasuk tentang  pengembangan pengelolaan pembiayaan merupakan salah satu tugas penting dalam pengawasan manajerial satuan pendidikan. Pengelolaan pembiayaan harus dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Secara umum,  hal tersebut bisa dicapai dengan menerapkan prinsip MBS antara lain dengan mengembangkan tata kelola dana BOS.(brama gtg)

Share:
Komentar

Berita Terkini