Pelaku Usaha Diminta Urus & Cantumkan Lebel Halal Pada Produk

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Sertifikasi halal merupakan bentuk kepastian hukum dan perlindungan pemerintah kepada konsumen muslim. Dengan sertifikasi halal, konsumen akan lebih tenang dalam mengonsumsi suatu produk.


Hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution melalui sambutan tertulis yang dibacakan Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan Setdako Medan, Mansursyah, saat membuka Sosialisasi Izin Halal dan Izin Edar Produk Makanan Olahan, Selasa (7/6) di Ruang Rapat III, kantor Wali Kota Medan.


Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan,  Emilia Lubis dan para pemangku kepentingan itu, Mansursyah mengucapkan

para pelaku usaha yang telah mendapatkan sertifikasi halal untuk

produknya, sebaiknya harus segera mencantumkan label halal tersebut agar tidak ada keraguan bagi para konsumen dalam membeli produk mereka.


"Beruntunglah bapak ibu sekalian yang hadir hari ini, karena itu menunjukkan bahwa saudara sekalian memiliki keinginan yang kuat untuk bisa terus eksis dalam memperjuangkan produk umkm yang saudara usahakan agar mendapat izin halal dan izin edar," ungkapnya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Medan, Emilia Lubis mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasasan tentang registrasi izin halal dan izin edar.


"Registrasi izin halal dan izin edar ini dalam rangka pengawasan mutu keamanan pangan yang diproduksi dan dikonsumsi," ucapnya.


Kegiatan ini dijadwal berlangsung selama dua hari, yakni 7 - 8 Juni. Bertindak sebagai narasumber pada hari pertama Kepala Balai Besar POM di Medan,  Drs. Martin Suhendri, Apt. M.Farm yang memaparkan tentang izin edar pangan olahan di Indonesia serta perwakilan dari Satgas Halal Provsu Abdul Rahman Siregar yang mengetengahkan secara detail alur proses sertifikasi halal.(rel)

Share:
Komentar

Berita Terkini