Kesyahbandaran Utama Belawan Bersama Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Kesyahbandaran Utama Belawan bersama Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh menggelar diklat pemberdayaan masyarakat BST Kapal Layar Motor SKK 60 mil dan SKK 30 mil bagi 420 peserta yang berasal dari Sumatera Utara.

Kegiatan Diklat tersebut digelar di aula kedatangan Terminal Bandar Deli di Jalan Stasiun, Kecamatan Medan Belawan, Rabu (8/6/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kesyahbandaran Utama Belawan capten Jhoni R. Silalahi, Direktur Politeknik Malahayati Aceh Dr. Capten Tri Chayadi, perwakilan Lantamal I Belawan, Perwakilan Dinas Perhubungan Sumut, Perwakilan Otoritas Pelabuhan, Perwakilan Pemko Medan, Perwakilan Distrik Navigasi I Belawan, Perwakilan BPTD Wilayah II Sumut, Perwakilan Perikanan Samudra Indonesia, Perwakilan Karantina Ikan dan Mutu Belawan, Perwakilan Pelindo Regional I, Perwakilan Kecamatan Belawan dan Perwakilan HNSI.

Acara tersebut berdasarkan surat Kepala Kantor Kesaybandaran Utama Belawan, Nomor : UM. 006/3/6/SYB.BLW-2022 tanggal 10 Maret 2022 perihal permohonan pelaksanaan Diklat pemberdayaan masyarakat di Sumatera Utara dan Danau Toba dan surat Direktur Politeknik Pelayaran Malahayati Nomor : UM. 002/6/11/Politeknik.Mal-2022 tanggal 17 Mei 2022 perihal pelaksanaan Diklat pemberdayaan masyarakat Kepelautan dan Nelayan. 

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Jhonny Runggu Silalahi dalam kata sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam  meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang kemaritiman dalam memberikan pendidikan dan pelatihan secara gratis kepada masyarakat luas. 

"Untuk mendukung program pemerintah tersebut, saya selaku kepala kantor Kesyahbandaran Utama Belawan  berinisiatif mengusulkan kegiatan ini untuk dapat turut serta memberi konstribusi positif kepada masyarakat umum dan nelayan di

Pelabuhan Belawan dan sekitarnya, "ucapnya.

Ucap Kepala Kantor Kesaybandaran Utama Belawan itu lebih lanjut, semoga dengan adanya kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan peserta Diklat yang tentunya nanti dapat bermanfaat, tidak hanya menambah pengetahuan tentang keselamatan namun dapat menjadi masyarakat yang lebih produktif dan memiliki daya saing.

"Tujuan Diklat ini diadakan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing masyarakat di Pelabuhan Belawan dan sekitarnya dalam hal keselamatan, keamanan dan perlindungan maritim. Selamat datang kepada seluruh peserta anda sekalian adalah pemuda-pemudi yang harus mengisi dan membanggakan untuk negara ini,"pungkasnya seraya membuka secara resmi  Diklat pemberdayaan masyarakat BST KLM, SKK 30 mil dan SKK 60 mil. 

Sementara itu, Direktur Politeknik  Pelayaran Malahayati Tri Cahyadi mengatakan dalam sambutannya

bahwa diklat pemberdayaan masyarakat ini adalah merupakan bukti bahwa negara hadir melalui kementerian perhubungan untuk memberikan peningkatan kompetensi yang diharapkan nantinya para nelayan atau operator kapal layar motor memiliki sertifikasi yang memang sudah di tentukan oleh peraturan yang ada maupun juga meningkatkan keselamatan berlayar. 

"Politeknik pelayaran Malahayati  mempunyai tugas dan tanggung jawab salah satunya adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,' ucapnya. 

Terkait kegiatan Diklat yang di laksanakan, kita akan melaksanakan Diklat secara bersama-sama dengan Kantor Syahbandar Utama Belawan yaitu Diklat BST (Basic Safety Training), KLM (Kapal Layar Motor), SKK 30 dan 60 mil, diharapkan nantinya para peserta sekalian bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, kegiatan Diklat akan berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 8 hingga 12 Juni 2022.(Her)

Share:
Komentar

Berita Terkini