Dinas Perindustrian Gunungsitoli Gelar Pelatihan Sistem Jaminan Halal

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Gunungsitoli menggelar pelatihan Sistem Jaminan Halal terhadap pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Pelatihan yang di ikuti 25 peserta dari enam Kecamatan se-Kota Gunungsitoli itu berlangsung di Hotel Dian Otomosi, Selasa (15/6/2022).

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Kota Gunungsitoli, Sozawato Nazara S.Kom menyebut bahwa pelatihan tersebut merupakan program peningkatan kapasitas koperasi dan UMK.

"Pesertanya pelaku UMKM yang memiliki produk makanan dan minuman kemasan. Pelatihan ini sebagai upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19", kata Sozawato.

Memalui pelatihan, Sozawato menargetkan UMKM Kota Gunungsitoli bangkit dengan cara terus mengembangkan produk-produk usahanya sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar.

"Untuk memenuhi kebutuhan pasar, pelaku UMKM harus bisa beradaptasi meski berharapan dengan tantangan. Pelaku UMKM diharapkan meningkatkan kualitas produknya", ujar Sozawato.

Maka dari itu, pelaku UMKM di Kota Gunungsitoli wajib melengkapi persyaratan yang ditentukan seperti PIRT, BPOM, Sertifikat Halal maupun izin lainnya.

"Saat ini Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM sedang menyusun terobosan untuk  memberdayakan produk-produk UMKM Kota Gunungsitoli. Salah satunya dengan melaksanakan pelatihan Sistem Jaminan Halal", tandas Sozawato.(ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini