Banyak Oknum 'Jaksa Nakal' di Kejari, GEMUK Minta Kajari Karo Mundur

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com - Puluhan massa yang mengatasnamakan Gerakan Masyarakat Untuk Karo (GEMUK) berunjukrasa ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Karo, Kamis 2 Juni 2022.


Aksi yang dimulai dengan melakukan 'long march' dari titik kumpul dari Area Parkir Taman Makam Pahlawan Kabanjahe pukul 09.30 WIB, massa berkumpul dan kemudian bergerak menuju Kantor Kejaksaan negeri Kabanjahe dengan berjalan kaki ( Long March ) dengan pengamanan dan pengawalan personil Polres Tanah Karo.


Dalam tuntutannya, GEMUK meminta agar Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabanjahe menghentikan Diskriminasi dan Intimidasi terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di  Kabupaten Karo yang diduga dilakukan oleh oknum Jaksa nakal di Kejari Kabanjahe.



Kegiatan aksi Unjuk rasa tersebut dikoordinir oleh Korlap An. HERIKO SEMBIRING dan ROBINSON PURBA. 


Setiba di kantor Kejari Kabanjahe dan massa kemudian melakukan orasi dan pembacaan sikap yang disampaikan oleh MONAS GINTING. Salah satu tuntutan dalam orasi yang disampaikan adalah terdapat 8 perintah Presiden Joko Widodo yang tidak dilaksanakan oleh Kajari Karo dan massa aksi meminta agar Kajari Karo segera mengundurkan diri dari jabatannya dikarenakan adanya dugaan oknum Kejari Kabanjahe yang melakukan pemerasan kepada OPD Kab. Karo.


Dalam kesempatan itu, Plh Kajari Karo  membantah tuduhan aksi unjuk rasa bahwa ada oknum Kejari Karo yang melakukan pemerasan terhadap OPD Kab. Karo. 


Plh Kajari juga meminta kepada massa agar menunjukkan bukti bukti terkait tuduhan tersebut dan laporkan kepada pihak berwajib.


Kajaksaan Negeri Karo tidak berada ditempat saat massa melaksanakan aksi di depan Kantor Kejari Karo. 


Perwakilan Kajari Karo oleh Kasi Pidsus Kejari Karo RANU WIJAYA sebagai Pelaksana Harian Kajari menemui massa aksi dan menyampaikan bahwa Kajari Karo sedang melaksanakan Diklat di Jakarta sampai tanggal 06 Juni 2022 dan aspirasi yang disampaikan massa aksi pasti akan disampaikan kepada Bapak Kajari Karo.


Massa aksi tidak terima atas penjelasan dari PLH Kajari Karo tersebut dan berencana akan melalukan aksi kembali sepulangnya Kajari Karo tanggal 06 Juni 2022.


Personil Pengamanan Polres Tanah Karo yang dipimpin Kabag SDM KOMPOL SP. ANAK AMPUN, S.H, melaksanakan pengamanan dari awal mulai titik kumpul aksi sampai ke Kantor Kejari.


Pukul 12.20 WIB, massa aksi membubarkan diri meninggalkan Kantor Kejaksaan Negeri Karo(ds/amy sembiring)

Share:
Komentar

Berita Terkini