100 Hari Kerja, Ini Capaian Program Kepala Desa Batang Kumu Normal Harahap

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com- Kepala Desa Batang Kumu, Normal Harahap membeberkan capaian berbagai program selama masa 100 kerja sejak dilantik memimpin Desa Batang Kumu, Kecamatan Tambusai, Rokan Hulu, Riau.


Dalam waktu 100 hari kerjanya  digunakan untuk membangun demi kemajuan Desa Batang Kumu sesuai visi misi  yang diutarakan pada saat kampanyenya, yakni MANTAP (Mandiri, tangguh, dan produktif).


Dalam paparan 100 hari kerja Kepala Desa Batang Kumu, Normal Harahap yang didengar oleh sekitar 200-an masyarakat dari 7 Dusun di Aula Dalian Natolu Balai Desa Batang Kumu, Senin 6 Juni 2022 telah meluncurkan inovasi program yang memiliki konsep pelayanan untuk masyarakat.


Seluruhnya ditujukan untuk memudahkan akses  masyarakat serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Batang Kumu.


Sejumlah program pembangunan juga telah diwujudkan oleh Normal Harahap diantaranya pembangunan kantor Desa Batang Kumu yakni pembangunan Gapura Kantor Desa Batang Kumu (mencapai 65%) dengan total biaya Rp 80 juta, Mushalla (mencapai 35%) total biaya Rp.85 juta serta Pagar Kantor Desa Batang Kumu (mencapai 80%) total biaya Rp.40 juta.


"Jika masyarakat bertanya darimana dana itu?.Disini saya sampaikan bahwa untuk biaya pembangunannya dari saya pribadi.Ini saya lakukan untuk menepati janji saya saat kampanye lalu.Dan saat ini saya tepati,"kata Normal Harahap disambut tepuk tangan dari masyarakat yang hadir saat itu.


Selain itu, dalam 100 Hari Kerja, kata Normal Harahap sejumlah pembangunan telah dilaksanakan  mulai Dusun I hingga Dusun VII di Desa Batang Kumu.


"Berbagai pembangunan juga kita telah laksanakan seperti pemeliharaan jalan rusak, pencucian/pembuatan parit, pemasangan gorong-gorong,penggalian parit, pembukaan jalan sesuai permintaan dari masyarakat Batang Kumu sudah dilakukan dimulai dari Dusun I hingga Dusun VII,"sebutnya.


Dimana, katanya, semua itu dilakukan guna membuka akses jalan dan mempermudah dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di Batang Kumu.

"Jika infrastrukstur jalannya baik, toh, kan akan mempercepat akses transportasi.Dan secara langsung akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat, "sebutnya lagi.


Sosialisasi Pra Perdes No.7 Tahun 2022 Tentang Pungutan Desa



Berikut petikan video wawancaranya..........

Dalam kesempatan itu, Normal Harahap didampingi Kepala BPD Desa Batang Kumu, Raja Artikel juga memaparkan dan menyosialisasikan Pra Peraturan Desa (Perdes) Batang Kumu No.7 Tahun 2022 tentang Pungutan Desa.


Dijelaskan, bahwa Perdes terdiri dari V Bab dan 11 Pasal. Dimana, jika nantinya berdasarkan hasil evaluasi dan disahkannya menjadi Perdes untuk kemudian dilaksanakan dengan terbitnya Peraturan Kepala Desa (Perkades), didalam Bab II tentang Jenis, Objek dan Besaran Pungutan pasal 4 (1) disebutkan bahwa pungutan diberlakukan pada a) pungutan yang berasal dari luas perkebunan sawit masyarakat. b) pungutan yang berasal dari portal yang dibuat oleh Pemerintah Desa.


Sementara pada pasal 5 disebutkan besaran pungutan desa yakni a) Rp.100.000/ha per tahun untuk masyarakat Batang Kumu dan Rp200.000/ha untuk masyarakat luar desa Batang Kumu serta b) besaran pungutan untuk portal sebesar Rp 10/kg.


"Soal besaran pungutan desa ini sudah melalui kajian dari bidang hukum Pemkab Rohul. Dan, kajian, musyawarah bersama BPD Desa Batang Kumu. Dan, Perdes ini juga telah disosialisasikan kepada para Kepala Dusun, RT/RW untuk diteruskan kepada seluruh masyarakat Batang Kumu,"sebutnya.


Menurutnya, dengan berlakunya Perdes tentang Pungutan Desa itu nanti digunakan untuk memperoleh Pendapatan Asli Desa (PADes) yang keseluruhannya digunakan untuk pembangunan masyarakat di Desa Batang Kumu.

"Sebab, jika kita hanya mengharapkan dana desa saja, tidak mencukupi sehingga diperlukan potensi-potensi PADes lain guna menutupi kebutuhan anggaran yang kita butuhkan di Desa Batang Kumu ini,"lanjutnya.


Launching Ambulance Desa Batang Kumu




Setelah sesi tanya jawab soal sosialisasi Pra Perdes Batang Kumu tentang Pungutan Desa, Normal Harahap menutup kegiatan pada hari itu dengan melaunching Ambulance Desa Batang Kumu.


"Pada kesempatan ini, di 100 hari kerja saya, saya juga melaunching Ambulance Desa Batang Kumu.Ambulance ini bisa digunakan siapa saja oleh masyarakat Batang Kumu yang membutuhkannya, "tandasnya seraya disambut bunyi sirine Ambulance dan sambutan tepuk tamgan dari masyarakat yang hadir pada saat itu. (ds/ali/***)









Share:
Komentar

Berita Terkini