Tiga Rumah di Pangaribuan Ludes Terbakar Saat ditinggal Pemiliknya

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Tiga unit rumah di Desa Silantom Tonga, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, ludes terbakar saat pemiliknya sedang bekerja di ladang untuk mencari nafkah, Kamis (12/5/2022), sekira pukul 15.30 Wib. 

Korban pemilik rumah yaitu,Komandan Harianja (61), Tommy Ritonga (38), dan Edy Ritonga (66). 

Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung, melalui Kasi Humas, Aiptu W Baringbing, Jumat (13/5/2022) kepada wartawan membenarkan peristiwa tersebut. 

Dijelaskannya, saat terjadi kebakaran ketiga rumah tersebut dalam keadaan kosong karena pemiliknya sedang bekerja di ladang. 

Dari keterangan salah seorang saksi kepada petugas yaitu, Perayaan Pakpahan (72), awal kebakaran terjadi, saat itu saksi yang sedang berada di rumahnya mencium bau asap dari rumah tetangga bernama Tommy Ritonga. 

Curiga dengan bau asap, lalu saksi ke luar rumah dan memberitahukan kepada tetangganya Pangeran Ritonga (44)  yang berada di warung dekat lokasi kejadian. 

Mendengar laporan tersebut mereka berdua berangkat untuk melihat, ternyata api sudah berkobar di bagian atap belakang rumah Tommy Ritonga. 

Melihat itu, mereka berdua memanggil warga lain untuk berusaha memadamkan api. Sebelum warga lain berdatangan, api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah lainnya. 

Karena warga lain saat itu juga sedang bekerja di ladang masing-masing, warga yang tinggal di Desa tidak sanggup memadamkan api. Sehingga api dengan leluasa melahap ketiga rumah korban. 

Bahkan warga yang tinggal di Desa saat itu tidak bisa mengeluarkan barang-barang milik korban, sehingga ikut ludes terbakar karena dikunci oleh pemiliknya saat ditinggal pergi. 

Sekira pukul 16.30 Wib Mobil Damkar tiba di lokasi, namun ketiga rumah korban sudah terlanjur ludes terbakar. Untuk mencegah agar api tidak merembet ke rumah lain, mobil Damkar memadamkan api di lokasi kejadian. 

Pemilik rumah saat tiba di lokasi tidak bisa berbuat apa-apa dan hanya pasrah,  karena mereka tiba di lokasi 40 menit setelah kejadian. 

"Dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materi diperkirakan Rp 700 juta," ujar Aiptu W Baringbing. 

Tim Inafis Polres Taput dan Polsek Pangaribuan sudah melakukan olah TKP untuk melakukan penyelidikan penyebab kebakaran. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini