Terkait AAN, Jaksa Tunggu Tahap II dari Penyidik Polda Sumut

Editor: romi syah author photo


dailysatu.com-Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara, Yos Tarigan mengatakan hingga saat ini pihak kejaksaan masih menunggu konfirmasi dari penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut terkait pelimpahan tahap II dari tersangka berinisial AAN. Berkas AAN yang terlibat dalam kasus Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Madina ini,  sudah dinyatakan P21 oleh Jaksa peneliti Kejatisu tanggal 28 Maret 2022 yang lalu. 

"Kejaksaan pada kasus ini sifatnya menunggu kapan dilimpahkan tahap II untuk tersangka dan barang buktinya. Sejak April kemarin sudah P21, jadi kita tunggu saja bagaimana sikap penyidik Polda," ucap Yos ketika dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, Senin (09/05/2022).

Yos juga menambahkan, perihal tahap II dalam kasus Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Madina ini tidak ada tenggat waktunya. Dia juga mengatakan, tidak etis jika pihak kejaksaan yang merongrong penyidik untuk menyerahkan tersangka dan barang bukti. 

"Sesuai SOP saja. Berkas lengkap, diteliti oleh jaksa peneliti. Stelah itu P21. Tugas kita sebagai jaksa di sini sudah selesai, sampai tersangka dan barang bukti diserahkan penyidik ke kita. Baru kita lanjutkan proses pelimpahan berkas ke pengadilan," jelas Yos. 

Yos juga menjelaskan saat ini pihaknya memang belum ada menerima konfirmasi apapun perihal kapan tersangka dan barang bukti akan dilimpahkan tahap II ke pihak Kejatisu. 

"Coba tanya ke penyidik saja langsung bang. Kapan mereka akan limpahkan tahap IInya. Belum ada informasi hingga saat ini bang," tegasnya. (Reza).

Share:
Komentar

Berita Terkini