Sempat Diblokir, Akses Jalan Menuju Puskesmas Hutapaung Humbahas Dibuka

Editor: dailysatu author photo

Teks foto: Puskesmas Hutapaung, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan
dailysatu.com - Sempat diblokir, pihak keluarga Manombang Lumban Gaol akhirnya membuka jalan menuju Puskesmas Hutapaung, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). 

Hal itu dikatakan Kepala UPT  Puskesmas Hutapaung, dr. Gunawan Sinaga kepada wartawan,Jumat (28/5/2022) di Doloksanggul.

Gunawan  menerangkan, bahwa itu adalah hasil dari komunikasi antara pihak Kecamatan Pollung, Puskesmas Hutapaung, Polsek Pollung dan Koramil dengan pihak pemilik tanah. 

"Betul telah dibuka tanggal 26 Mei kemarin, Kebetulan waktu diadakan komunikasi dengan pemilik tanah saya sedang diluar, jadi tidak tahu apa isi kesepakatan hingga akhirnya jalan itu dibuka, yang jelas pihak Kecamatan, Puskesmas, Polsek Pollung dan Koramil telah melakukan permohonan untuk dibuka akses jalan itu hingga akhirnya jalan dibuka," terang Gunawan.

Disinggung sekaitan perjanjian pengangkatan tenaga honorer untuk keluarga Manombang, dr. Gunawan Sinaga mengatakan, bahwa untuk saat ini yang dipekerjakan adalah menantu dari Manombang, namun permintaan pihak keluarga Manombang untuk mengangkat satu lagi anaknya sebagai tenaga honorer di Pemkab Humbahas.

"Ada menantu perempuan dari Manombang bekerja sebagai honorer di Puskesmas dan itu semua melalui regulasi yang berlaku, karena saat itu pada tahun 2021 memang ada penerimaan, kami kabarkan pada mereka agar mengikuti seluruh prosedur terkait penerimaan tersebut dan akhirnya masuk di Puskesmas Hutapaung sebagai honorer," jelas Gunawan.

"Sementara, pihak mereka (Manombang) meminta satu lagi anak mereka agar dimasukkan sebagai tenaga honorer, padahal saat ini tidak ada regulasi untuk penerimaan honorer, kami tidak ingin melanggar regulasi, semua harus sesuai peraturan," lanjut Gunawan menjelaskan.

Gunawan berharap, pihak keluarga Manombang dan Pemkab Humbahas dapat menemukan titik terang terkait permasalahan ini. Dirinya mengatakan agar duduk bersama untuk menemukan jalan keluar.

"Ya kami berharap tidak ada lagi hal seperti ini terjadi, karena ketika ditutup akses tersebut Puskesmas jadi lumpuh, dan pelayanan masyarakat dialihkan ke Poskesdes Hutapaung, apapun nanti permintaan atau keputusan kita sampaikan pada atasan untuk dipertimbangkan," ucap Gunawan.

Selain itu, dr. Gunawan menambahkan, bahwa akses jalan menuju Puskesmas telah beberapa kali diajukan untuk pembangunan ataupun perbaikan, namun pihak keluarga Manombang tidak pernah menandatangani pelepasan lahan, sehingga tidak dapat dilakukan perbaikan maupun pembangunan jalan tersebut.

"Saya baca beritanya katanya pihak Manombang ada menyinggung soal jalan rusak yang membuat susah warga saat mau berobat ke Puskesmas. Hal itu sudah pernah kita ajukan untuk perbaikan atau pembangunan, tapi pihak mereka tidak mau menandatangani pelepasan lahan itu, jadi tidak bisa diproses untuk perbaikan atau pembangunannya," pungkasnya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas), ternyata sudah memenuhi permintaan seorang warga Desa Hutapaung Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumut. 

Manombang Lumbangaol, sebagai pemilik tanah yang memblokir jalan menuju Puskesmas Hutapaung dengan alasan Pemerintah Humbahas ingkar janji karena anaknya tak kunjung dimasukkan sebagai tenaga honorer yang sudah 5 tahun.

Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol, mengatakan bahwa Pemerintah Humbahas telah memenuhi permintaan Manombang sebagai pemilik tanah yang menghibahkan tanahnya untuk akses jalan menuju Puskesmas tersebut. 

Ramses yang juga ikut dalam kesepakatan antara Pemerintah Humbahas dan pemilik tanah, mengaku sudah mengangkat anak Manombang menjadi pegawai honorer di Puskesmas Hutapaung. 

" Udah diangkat parumaennya (menantu perempuan) honor di Puskesmas itu," ungkap Ramses singkat ketika dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp, Rabu (25/5/2022).

Ramses menyampaikan, dalam kesepakatan itu, Pemerintah Humbahas sudah menyanggupi dan tidak ada sebenarnya lagi permasalahan. 

" Jadi, sebenarnya tidak ada masalah lagi. Dan tidak ada Pemerintah ingkar janji," pungkas Ramses. 

Diketahui, Manombang Lumbangaol protes hingga memblokir jalan menuju Puskesmas Hutapaung dengan memagar menggunakan lembar seng, pada Selasa (24/5/2022) kemarin.

Dalam protesnya yang diceritakannya lewat video lantaran anaknya tak kunjung diangkat menjadi tenaga honorer dikantor Pemerintah Humbahas.

Padahal, sudah ada kesepakatan sebelumnya atas jalan yang dihibahkannya berukuran 48 meter x 8 meter untuk akses jalan menuju Puskesmas tersebut.

Dari amatan wartawan, kini akibat Manombang memblokir jalan itu dengan memagar menggunakan lembar seng, aktifitas pelayanan kesehatan terhenti. Terpaksa pelayanan itu pun dialihkan ke Poskesdes Hutapaung untuk sementara.(carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini