Sebelumnya Tidak Percaya Program Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Kini Warga Beralih Bertani Jagung

Editor: dailysatu author photo

Teks foto : Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor bersama warga Desa Lobutua Kecamatan Paranginan, Kamis (12/5/2022).
dailysatu.com - Sebelumnya, masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) tidak percaya dengan program Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor karena harga jual yang tidak begitu tinggi dan bahkan diyakini tidak dapat tumbuh baik di daerah itu. Namun kini, warga beralih bertani tanaman jagung untuk meningkatkan perekonomiannya. 

Hal itu diungkapkan langsung oleh warga Lobu Tua, Kecamatan Lintong Nihuta kepada Bupati Dosmar saat kunjungan kerjanya meninjau progres pekerjaan pembangunan rekontruksi/peningkatan kapasitas struktur jalan Pargaulan-Lobutua-Batas Taput, Kamis (12/5/2022).

Atas hal itu, Masyarakat Desa Lobutua mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Humbahas, dimana mereka bangga dan senang karena telah merasakan hasil dari penanaman jagung yang merupakan program Dosmar sejak dicanangkan tahun 2017 lalu (periode pertama).

Ucapan itu disampaikan langsung kepada Bupati Dosmar, oleh Abner Lumbantoruan (50), dan para ibu-ibu (boru Silaban, Boru Hutasoit) sembari minum kopi dengan warga di teras rumah warga Lobu Tua. 

Abner mengungkapkan, semula lahan pertanian warga sekitar itu yakni, komoditi cabe, dan tomat. Namun, sejak mendengar dari warga lainnya, mereka mencoba melakukan penanaman jagung. Ternyata, tanaman jagung yang baru mereka lakoni dapat menumbuhkan perekonomian mereka.

" Sebagai rasa bangga, dan senang kami, terimakasih kepada Bapak Bupati yang telah memberikan perhatiannya kepada masyarakat Humbahas, khususnya kepada masyarakat ekonomi menengah," ungkap warga. 

Disamping itu juga, ibu boru Silaban itu menambahkan, dulunya komoditi pertanian jagung itu tidak terlalu dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat, namun sekarang warga sudah jadi fokus menanam jagung. 

" Tapi, kami sekarang percaya, sudah harga jual netral, pengeluaran bercocok bertanam jagung ini tidak terlalu tinggi, dan cocok untuk kami yang ekonomi menengah kebawah. Tidak seperti cabe, sudah kebutuhannya banyak, harga pun mau tidak stabil, selain itu cuaca," ucap Boru Silaban.  

Disamping ucapan rasa terimakasih, warga ini berharap Bupati Dosmar untuk membantu bibit jagung, dan alat pertanian ke desa mereka. 

" Selain itu, kami mengundang Pak Bupati untuk hasil perdana jagung nantinya," harap mereka. 

Sementara itu, Bupati Dosmar mengaku bangga dengan semangat kebersamaan keluarga Abner Lumbantoruan dalam mendukung program Pemerintah Humbahas.

" Terimakasih banyak kepada keluarga disini, dan warga sekitaran yang percaya akan program pemerintah," kata Dosmar. 

Dosmar mengisahkan, program jagung yang dicanangkannya ini adalah merupakan program untuk kesejahteraan masyarakat. 

Ia melihat, program jagung ini tepat bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah karena pengeluaran bercocok tanam jagung tidak terlalu tinggi. 

Dosmar mengisahkan, ia sempat dibully oleh masyarakat disebut Bupati jagung dari program jagung yang dicanangkannya tahun 2017 lalu. Dibully karena komoditi jagung tidak cocok di Kabupaten Humbahas. 

Namun, walaupun disebut Bupati jagung, demi untuk kesejahteraan masyarakatnya dalam jangka waktu kedepan, iapun tidak menghiraukannya. 

" Terbukti, sekarang apa yang dirasakan masyarakat, saya rasakan juga," ungkap Dosmar.

Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat Desa Lobutua agar tetap bersyukur kepada Tuhan. Karena, program ini juga titipan dari Tuhan. 

" Jangan lupa ya, hasil penjualan jagung ini bisa disisihkan ke gereja," pinta Dosmar dengan senyum. 

Sebelumnya, Bupati didampingi Kadis PUPR Mangolo Tua Purba, melakukan kunker meninjau progres pekerjaan pembangunan rekontruksi/peningkatan kapasitas struktur jalan didua lokasi.

Diantaranya, rekontruksi jalan Sibuntuon-Panoguon Solu-Batas Taput, dan rekontruksi jalan Pargaulan-Lobutua-Batas Taput. 

Tanpa disengaja, dalam kunkernya itu , melihat warga sedang menjemur jagung didepan halaman rumahnya. 

Bupati Dosmar pun langsung menghampiri, begitu juga warga langsung menyambut hangat Bupati Dosmar dengan sapaan senyum sumringah.(carlos) 

Share:
Komentar

Berita Terkini