Satu Rumah Ludes Terbakar di Adiankoting Taput

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Satu unit rumah berlantai dua milik Mangalatua Sipahutar (65) di Desa Adiankoting, Kecamatan Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara, ludes terbakar, Jumat (13//5/2022) sekira pukul 14.30 Wib. 

Dari hasil keterangan saksi-saksi yang di himpun di tempat kejadian, penyebab kebakaran diduga karena anak korban YS (5) bermain api dengan membakar kertas di atas tempat tidur di lantai dua. 

Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung, melalui Kasi Humas Aiptu W Baringbing, kepada wartawan Sabtu (14/5/2022), membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. 

Aiptu Baringbing menjelaskan, saat YS bermain api dengan membakar kertas, api seketika menyulut kasur dan tidak bisa memadamkannya. Lalu ia memanggil Bapaknya dari atas dengan berteriak "Bapak api". 

Mendengar itu, korban yang sedang duduk-duduk di teras lantai satu langsung naik ke lantai dua. Saat tiba,  korban melihat api sudah membesar dan berusaha menyiram dengan air. 

Sejumlah warga sekitar saat melihat kejadian, lalu masuk ke rumah untuk mengevakuasi pemilik rumah dan anaknya dari lantai dua karena kobaran api semakin membesar. 

Warga lain berusaha memadamkan api dengan alat seadanya namun api semakin membesar karena lantai dua rumah tersebut terbuat dari kayu.

Warga juga berusaha mengeluarkan barang-barang korban dari lantai satu agar tidak ikut terbakar. 

"Setelah hampir satu jam, mobil Damkar tiba di lokasi namun rumah sudah sempat ludes terbakar. Untuk memadamkan api secara total, petugas dan warga menyiramkan air agar tidak ada rembesan api ke rumah lain yang berdekatan," ujar Aiptu W Baringbing. 

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi diperkirakan Ratusan Juta Rupiah. Tim Inafis sudah melakukan olah TKP untuk kepentingan penyelidikan agar mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. (ds/Bisnur Sitompul)

Share:
Komentar

Berita Terkini