Pemko Gunungsitoli Peringati Hari Kartini Ke 143

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, memperingati Hari Kartini Ke 143, Kamis (28/4/2022).

Kegiatan itu berlangsung meriah di halaman kantor Walikota Gunungsitoli, Jalan Pancasila Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli.

Dalam sambutannya, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua mengapresiasi peringatan Hari Kartini Ke 143 yang diselenggarakan panitia pelaksana.

"Peringatan ini untuk mengenang jasa R.A Kartini dalam mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan Indonesia, khusunya kaum perempuan di Kota Gunungsitoli", kata Walikota.

Walikota menerangkan, peringatan Hari Kartini di Tahun 2022 panitia pelaksana mengangkat tema Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan Indonesia Dengan Semangat dari Ibu Kartini.

“Perempuan Indonesia harus berkualitas dan kreatif sebagai penerus emansipasi Kartini yang berjuang memperbaiki sumber daya dalam mengembangkan pendidikan, keterampilan, membangun hidup keluarga, berbangsa dan bernegara", ujar Walikota.

Sementara Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli, Sukartini Wau, berharap Kiranya peringatan Hari Kartini menjadi motivasi bagi seluruh perempuan Kota Gunungsitoli dalam meningkatkan pendidikan, kecerdasan, serta emansipasi.

“Saya berharap, peringatan Hari Kartini Tahun 2022 dimaknai sebagai era kebangkitan perempuan yang berkontribusi mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19", ucap Sukartini.

Menurutnya, perempuan adalah kaum yang memiliki peran besar dalam kehidupan. Sebab melalui tangan dan hatinya, perempuan dapat menciptakan ketenangan batin.

Selanjutnya, dengan perhatian tulus dari hati mampu membahagiakan orang-orang yang sedang berduka di sekitarnya. Merubah keterpurukan menjadi senyum kemuliaan.

"Lewat sifat lembutnya, perempuan Kota Gunungsitoli diharapkan menjadi teladan yang melahirkan putra-putri bangsa berkarakter sehingga berdedikasi tinggi", tandas Sukartini.

Berdasarkan informasi dihimpun wartawan, peringatan Hari Kartini di Kota Gunungsitoli kali ini dimeriahkan dengan lomba Vokal Trio yang diikuti 13 peserta se-Kecamatan Gunungsitoli.

Selain itu, diwarnai juga pemberian penghargaan kepada perempuan yang berprestasi di bidang pendidikan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini