Pemkab Dairi Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun 2022

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com -  Pemerintah Kabupaten Dairi memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022, Jumat (20/5/2022) di kantor Bupati Dairi. Hari Kebangkitan Nasional diperingati dengan mengadakan upacara dimana Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bertindak sebagai Pembina Upacara.

Dalam sambutannya, Eddy Berutu membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate. Menteri Johnny G. Plate mengatakan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 mengambil tema Ayo Bangkit Bersama sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi covid-19 yang sudah melanda 2 tahun terakhir.

“Pada sisi penanganan covid-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat upaya yang dilakukan kian menunjukkan hasil yang positif. Kasus baru harian dibawah 400 kasus, total kasus aktif berada dibawah angka 5.000 kasus (data per 13 Mei 2022), capaian vaksinasi covid-19 dosis ke dua mencapai 79%” ucap Menteri Kominfo dalam sambutannya.

Hal tersebut dikatakan Menteri berdampak pada kembalinya aktifitas masyarakat secara normal, sehingga mendorong pemulihan ekonomi nasional. Ia katakan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I tahun 2022 terhadap triwulan I tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01%, hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.Masih kata Menteri Kominfo, momentum yang baik tersebut semakin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022.

Pelaksanaan G20 utarakan akan membahas 3 isu prioritas, yakni arsitektur kesehatan global yang inklusif, transformasi berbasis digital dan transisi energi berkelanjutan.

“Di tengah momentum penanganan nasional covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Idonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia.Dari Indonesia, dunia pulih bersama, ayo bangkit lebih kuat,” ujar Menteri Kominfo mengakhiri sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Eddy.

Sementara itu, Bupati Dairi menambahkan dalam momentum hari kebangkitan nasional, kita dapat bangkit, kuat jadi bangsa yang besar karena adanya perbedaan. Ia berpesan bahwa perbedaan itu selalu ada, yang paling penting adalah harus bersatu menutup kelemahan untuk wujudkan cita-cita bangsa.

“Mari kita bersatu, hilangkan perbedaan, yang kurang baik mari kita perbaiki. Mari kita senantiasa bersatu manfaatkan momentum yang ada untuk maju lebih cepat lagi,” ucapnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Unsur Forkopimda Dairi, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Budianta Pinem, Ketua TP. PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Ketua DWP Kabupaten Dairi Ny. Elfinka Eddy Banurea.(Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini