Ormas dan Kepemudaan Datangi Komisi lll DPRD Dairi

Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Pemegang Hak Ulayat (PHU) suku Pakpak bersama Lintas hub Ormas dan  Kepemudaan, Senin (23/5/2020) datangi Kantor DPRD Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Sumatera Utara.

Kedatangan massa tersebut, untuk bertemu dan beraudensi dengan anggota DPRD Dairi.

Ketua Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB LKP) Raja Umar Ujung didampingi Ahmad Padang selaku tokoh pemuda Pakpak  mengatakan, kehadiran mereka bersama rombongan untuk membicarakan dan menyampaikan adanya postingan seseorang di media sosial yang dianggap telah meresahkan masyarakat.

"Postingan itu bertuliskan, Barukmin, Bupati Latteung dan Si Kalte," kata Raja Umar Ujung.

Tadi sudah disampaikan ke dewan apa maksud postingan dan kata-kata itu. Karena kalau hal ini dibiarkan akan merusak tatanan kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Dairi.

"Jadi, kami selalu pemegang hak ulayat kami tidak menerima, dan meminta kepada Komisi III DPRD Dairi mempertanyakan kepada orang bersangkutan kemana tujuan postingan itu," sebutnya.

Selanjutnya Ahmad Padang menambahkan, melihat fenomena di Dairi, akan terjadi abrasi persaudaraan. Artinya ada penggiringan opini yang menuju ke seseorang.

Dari postingan seseorang di Facebook yang tadi disampaikan oleh Ketua PB LKP. " Kami melihat ini telah mencederai  simbol-simbol Pakpak," sebutnya.

Dari konotasi dan pemahaman setelah testimoni di lapangan, kata Barukmin maksudnya adalah Barutu kurang vitamin, Si Kalte adalah Si Keleng Ate. Begitu juga sebutan Bupati lateung.

"Selaku pemuda Pakpak, sudah sewajarnya kami menyikapi hal ini, agar tidak ada orang lain mengkerdilkan siapapun ," ujarnya.

Ketika seseorang mencoba menyudutkan, menghilangkan harga diri orang dan menggiring opini serta membuat narasi-narasi ujaran kebencian.

"Tentu kami akan bersikap selaku pemuda yang bertanggung jawab secara budaya dan adat Pakpak," ungkapnya, seraya mengajak semua pihak  menghargai orang lain.

Anggota DPRD Komisi III  yang menerima audensi tersebut, yakni Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani,Wakil Ketua DPRD Helvensius Tondang, Anggota DPRD Bona Sitindaon, Radianto Banjarnahor dan Togar Pasaribu.

PHU Lintas Ormas yang hadir PB LKP, PC NU Dairi, Pemuda Ansor, Gema Sicikecike, Garda Bintang, Aliansi Perempuan Perubahan Dairi.(ds/Heri borok/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini